Waspada! Ini Bahaya Pakai Earphone saat Tidur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pasti kamu pernah melakukan kebiasaan mendengarkan musik dengan earphone sebelum tidur dengan alasan agar dapat tertidur dengan pulas.

Tak sadar, kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur akhirnya terbawa hingga kamu benar-benar tertidur pulas. Dampaknya pendengaran hingga infeksi saluran pendengaran
terjadi.

Manfaat di balik earphone, tidak dapat dipungkiri namun penggunaan berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan telinga anda

Berikut ini 5 dampak bahaya menggunakan earphone saat tertidur.

1. Kualitas Tidur Lebih Rendah

Bahaya dampak earphone yaitu kualitas tidur anda berkurang jadi di sarankan Anda mengurangi pengguna earphone  saat tidur.

Karena dapat berkurangnya waktu untuk istirahat . Tubuh anda akan merasa kelelahan karena otak terus bekerja semalaman.

2. Kemampuan Mendengar Mengurangi

Mendengarkan earphone  terlalu lama terutama pada volume keras dapat mengurangi kemampuan pendengaran seseorang, ini juga berlaku ketika dilakukan saat Anda tidur.

lalu dapat menyebabkan kerusakan pada koklea, organ di telinga yang berfungsi menerima getaran suara. Bulu halus pada koklea dapat rusak karena target suara keras sehingga mengurangi kemampuan pendengaran.

3. Menghambat Gendang Telinga

Mendengarkan musik terlalu lama akibat tertidurdengan earphone terpasang di telinga, akan mencegah Earwax masuk secara alami karena bantalan earphone menutupi telinga.

Akibatnya, Earwax menumpuk, bahkan bisa menghambat gendang telinga.

5. Gangguan pada Batas Pendengaran

Efek ini dapat membuat gangguan pendengaran secara permanen. Karena itu kami menyarankan Anda menggunakan earphone sesuai dengan kebutuhan Anda saja.

Ini berlaku juga saat mengenakan earphone saat tidur. Ketika kita tertidur, sistem pendengaran masih berfungsi sebagai pengingat akan adanya bahaya alam yang sedang terjadi.

Reporter : purwati soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini