Wajib Tahu, Manfaat Bermain Catur bagi Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pertandingan antara Dewa Kipas alias Dadang Subur dengan Women Grandmaster Irene Sukandar membuat permainan catur semakin populer.

Jika rutin bermain catur ternyata ada manfaatnya untuk kesehatan. Mengingat permainan ini memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh terutama kesehatan otak dan mental.

Permainan catur bisa meningkatkan keseimbangan tubuh yakni otak kiri dan otak kanan. Sisi otak kiri berhubungan dengan pengenalan objek sedangkan sisi otak kanan berhubungan dengan pengenalan pola.

Menurut The Chess World seiring berjalannya waktu dalam bermain catur, bisa melatih dan mengembangkan dua sisi otak.

Selain itu permainan catur bisa meningkatkan memori yang kuat karena melibatkan sesoerang untuk menghafal berbagai kombinasi gerakan.

Pemain catur berpengalaman memiliki keterampilan untuk mengingat yang disebut memori auditori. Menurut Healthline, memori auditori merupakan kemampuan untuk mengingat yang telah dipelajari melalui pendengaran.

Sementara itu studi medis yang melibatkan 448 manula oleh Albert Einstein Collegge of Medicine menunjukkan bahwa permainan catur dapat merangsang fungsi otak dan menurunkan resiko demensia.

Selain itu manfaat lainnya bisa meningkatkan kondisi pasien skizofrenia sehingga bisa mampu memberbaiki perencanaan dan kemampuan penalaran. Menurut Chess World, ternyata pasien memilih bermain catur sebagai rutinitas mereka.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Aparat Keamanan Tangkap Petinggi OPM Paniai Papua

Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz berhasil menangkap petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Paniai bernama Petrus Pekei, yang mana pernah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini