Wajib Tahu, Ini Efek Terlalu Banyak Minum Air

Baca Juga

Mengonsumsi air secara rutin sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan bagi tubuh. Namun jika mengonsumsinya secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping negatif. Efek samping yang bisa timbul yaitu bisa menyebabkan keracunan air karena jumlah natrium dan elektrolit dalam tubuh menjadi terlalu encer.

Kadar natrium yang rendah karena terlalu banyak cairan bisa berpotensi menyebabkan pembengkakan. Jika hal ini terus dibiarkan hingga ke sel-sel otak bisa berakibat fatal dan mengancam nyawa.

Mengutip dari Medical News Today, jika seseorang minum terlalu banyak air dan otak mulai membengkak maka tekanan di dalam tengkorak akan meningkat. Kondisi ini bisa berimplikasi pada gejala keracunan air seperti sakit kepala, mual dan muntah.

Hal ini patut diwaspadai karena kasus keracunan air bisa berlanjut kepada tahap yang lebih serius hingga mengakibatkan sakit yang parah seperti kram, kelemahan otot, tekanan darah meningkat, kebingungan hingga tidak mampu mengidentifikasi informasi sensorik. Maka, sebaiknya minum air juga harus dibatasi dalam jumlah yang sedang atau secukupnya.

Sementara The Institute of Medicine mengemukakan bahwa asupan air yang dianjurkan bagi orang dewasa yang sehat yaitu 9-13 gelas per hari. Namun, kebutuhan asupan air tiap individu berbeda sehingga tidak ada aturan pasti tentang jumlah asupan air per hari.

Bagi orang yang menetap di wilayah dengan cuaca panas serta ekstrem dan memiliki intensitas aktivitas yang tinggi tentu membutuhkan asupan air yang lebih banyak. Maka, untuk memastikan seseorang mendapatkan hidrasi yang baik, warna urin bisa dijadikan indikator penilaian.

Jika urin berwarna kuning pucat menandakan bahwa tingkat hidrasi baik, sementara urin yang berwarna gelap menandakan tubuh membutuhkan banyak cairan. Terakhir, apabila urin tidak berwarna berarti seseorang mengalami dehidrasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini