Wajib Tahu, Ini Alasan Gigitan Nyamuk Bikin Gatal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gigitan nyamuk sering menimbulkan rasa tidak nyaman karena menimbulkan efek gatal dan benjolan. Hal ini yang menyebabkan berbagai cara dilakukan untuk mengusir serangga tersebut seperti menyemprotnya dengan obat nyamuk.

Gigitannya pun meninggalkan rasa gatal. Menurut Medical News Today, air liur nyamuk yang mengandung antikoagulan dan protein masuk saat menyedot darah. Protein tersebut memicu sistem kekebalan tubuh yang akhirnya melepaskan histamine.

Adapun, histamin bisa meningkatykan aliran darah dan jumlah sel darah putih di sekitar area yang terdampak sehingga terjadilah peradangan atau pembengkakan. Sementara rasa gatal disebabkan histamine yang mengirim sinyal ke saraf di sekitar gigitan.

Meski rasa gatal mengganggu, namun sebaiknya tidak menggaruk area tersebut. Hal ini justru membuat rasa gatal semakin hebat. Bahkan, bila terus menersu digaruk, bisa berakibat infeksi karena kulit rusak.

Maka, menurut Healthline ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati gigitan nyamuk. Pertama dengan menggunakan alkohol. Caranya dengan menggosok cairan alkohol di area yang gatal. Pemakaiannya jangan terlalu berlebihan karena bisa mengiritasi kulit.

Kedua, dengan mengoptimalkan madu. Sifat antibakteri di dalamnya bisa membantu menyembuhkan luka. Selain itu, madu alami juga bisa mengurangi peradangan dan mencegah infeksi.

Ketiga, dengan menggunakan lidah buaya. Gel yang ada di dalamnya bersifat anti-inflamasi. Fungsinya untuk menyembuhkan luka dan menenangkan infeksi.

Cara menggunakannya dengan memotong daunnya dan mengoleskan gel secara langsung. Rasa sejuk dari gel inilah yang bisa meredakan rasa gatal.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini