Wajib Tahu! Begini Cara Menghemat Uang di Masa PSBB

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ibu Kota DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Bersklala Besar (PSBB) mengingat penularan virus Covid-19 semakin meradang.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menerapkan PSBB tahap kedua mulai, Senin 14 September 2020 kemarin. Sebagian besar pekerja pun mau tidak mau harus kembali kerja dari rumah atau Work From Home.

Bagi sebagian orang, kerja dari rumah membuat pengeluaran lebih irit karena tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi ke tempat kerja, khususnya yang berdomisili jauh dari kantor. Namun, tak sedikit orang yang justru merasa PSBB bakal menguras kantong.

Sebab, kebutuhan listrik dan makan siang yang sebelumnya bisa dipenuhi kantor, kini harus ditanggung sendiri karena kerja di rumah. Alhasil, berhemat pun harus dilakukan.

Tenang gaes, ada kok beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berhemat di masa PSBB ini. Yuk simak tipsnya.

1. Hitung Pengeluaran Harian

Memang benar saat WFH pengeluaran ongkos untuk berangkat ke kantor jadi berkurang. Namun, kamu perlu awasi jangan sampai timbul pengeluaran tak terduga yang bahkan lebih besar dari ongkosmu ke kantor.

Pastikan kamu menghitung pengeluaran harianmu meski kamu lagi di rumah aja ya. Baiknya, kamu berikan budget perhari dan usahakan pengeluaranmu tak melebihi budget harianmu.

2. Kurangi Jajan Online

Saat PSBB, restoran, cafe dan tempat makan lainnya memang beroperasi seperti biasa, namun hanya melayani pembelian takeaway dan delivery. Untuk itu kamu harus tahan goadaan untuk gak terlalu sering pesan makanan atau minuman secara online ya.

Sebab, hal ini bisa bikin boros dompetmu loh. Ada baiknya kamu usahakan untuk makan siang dengan masakan yang sudah ada di rumah. Jika mengharuskanmu untuk jajan, belilah lauknya saja tanpa nasi dan masak sendiri nasimu biar lebih hemat ya.

3. Sisihkan Dana Darurat

Mengingat pengeluaran transportasimu saat PSBB jadi tak terpakai, ada baiknya kamu sisihkan dan kamu masukan ke tabungan daruratmu ya. Selain bisa menambah uang tabungan, dana tersebut jadi tidak habis begitu saja karena kamu pakai untuk jajan-jajan yang tidak perlu.

4. Jangan Termakan Diskon

Bisa saja, selama masa PSBB dan di rumah saja ini, banyak e-commerce atau online shop yang mengadakan diskon gede-gedean. Memang sangat menggiurkan terutama buat para shopaholic ya.

Namun, hal ini bisa bikin kamu konsumtif dan jadi membeli barang-barang yang tak kamu perlukan. Bila ada diskon, pastikan untuk membeli kebetuhan yang urgent terlebih dahulu, seperti obat-obatan, multivitamin, dan sebagainya.

5. Buka Usaha Sendiri

Entah sampai kapan pandemi ini akan berlangsung. Mumpung kamu lagi di rumah aja, coba deh buka usahamu sendiri untuk menambah pemasukan.

Kamu bisa buka usaha mulai dari makanan hingga usaha clothing-an. Coba untuk memasak makanan sederhana sesuai dengan resep dan kemampuanmu ya. Jangan lupa untuk pasarkan ke followers dan teman-teman online kamu di sosial media.

Atau, kamu bisa memilihkan barang-barang yang sudah tak kamu gunakan tapi masih layak pakai untuk dijual lagi sebagai barang preloved. Selain mudah, usaha satu ini juga minim modal loh. Pastikan barang-barang bekasmu masih bagus ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini