Waduh! Mariah Carey Digugat Atas Lagu Hitsnya ‘All I Want For Christmas Is You’ Karena Langgar Hak Cipta

Baca Juga

MATA INDONESIA, LOS ANGELES – Mariah Carey baru-baru ini diklaim pelanggaran hak cipta atas lagu hitsnya ‘All I Want For Christmas Is You’. Lagunya itu diklaim oleh Vince Vance & the Valiants dari 1989.

Melansir dari Deadline, Mariah Carey dan rekan penulis Walter Afansieff disebutkan dalam gugatan oleh penulis Andy Stone. Stone mengajukan surat-suratnya di Pengadilan Distrik AS di Distrik Timur Louisiana.

Sedangkan lagu-lagunya memiliki judul yang sama. Pelanggaran hak ciptanya memiliki sedikit melodi atau lirik Carey di luar kesamaan judul.

Versi lagu Carey rilis pada 1994 dan Stone menglaim lagunya diputar secara ekstensif selama musim liburan 1993. Stone meminta ganti rugi sebesar 20 juta Dolar AS atas pelanggaran hak cipta pada Mariah Carey.

Pamela Koslyn selaku pengacara Los Angeles mencatat bahwa ia akan memiliki jawaban yang berbeda jika semua liriknya ‘secara substansial mirip’ dengan versi Carey.

“Judul lagu tidak berhak atas perlindungan hak cipta. Makanya ada 177 karya dengan judul yang sama. Judul yang bahkan lebih populer adalah ‘My Baby’ memiliki 4860 karya yang terdaftar di Kantor Hak Cipta,” jelas Koslyn.

Sementara, lagu versi Carey sudah memiliki lebih dari satu miliar streaming di Spotify saja. Pada 2021, lagu itu menjadi lagu pertama yang populer nomor satu dalam tiga urutan terpisah di tangga lagu Billboard Hot 100 Singles.

Sebelumnya juga akhir-akhir ini beberapa musisi Hollywood terlibat kasus serupa. Mulai dari Justin Bieber, Sam Smith, Ed Sheeran, hingga Dua Lipa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini