Tips Hitung Kalori Agar Berat Badan Tetap Terjaga Saat Lebaran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lebaran rasanya gak lengkap kalau gak makan besar. Momen makan rendang, opor, dan makanan lain adalah hal yang paling ditunggu.

Namun kamu sadar gak kalau semua itu menganduk lemak dan kalori yang tinggi? Kalau kamu ingin mempertahankan berat badan, maka kamu harus memperhatikan kalori yang masuk ke tubuhmu.

Yuk ketahui kalori tiap hidangan lebaran. Berikut jenis makanan dengan angka kalori yang perlu kamu:

1. Ketupat = 144 kkal

2. Opor ayam = 350 kkal

3. Rendang = 468 kkal

4. Semur daging = 221 kkal

Belum lagi berbagai minuman manis dan kue kering yang tersaji sebagai makanan penutup. Wanita umumnya memerlukan 1.600-2.400 kalori sedangkan pria 2.000-3.000 kalori per hari.

Ikuti cara ini untuk hitung kalori pada makananmu agar kamu berat badanmu saat lebaran dilansir dari laman Lifepack.

1. Sistem cicip hidangan

Banyak pilihan menu yang disajikan mungkin membuat kamu lapar mata ingin mencoba semuanya. Cara atasi hal tersebut adalah ambil semua hidangan dalam porsi yang sedikit.

Setelah tahu jumlah kalori perhidangan, kamu pasti akan lebih menjaga makanmu. Dengan begitu, kamu tetap bisa mencoba semuanya tanpa takut kalori berlebihan.

2. Perbanyak minum air

Air putih membantu menahan nafsu dan menekan rasa lapar. Jika kamu merasa kamu masih lapar meski sudah makan banyak, minum air putih.

3. Olahraga

Bagaimanapun, cara ampuh untuk tetap sehat adalah olahraga. Setelah konsumsi kalori yang besar, kamu perlu membakar kalori tersebut dengan olahraga.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini