Ternyata Kafein Bisa Bantu Tumbuhkan Rambut yang Rontok

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar atau menyebut kata ‘kafein’? Ya, kebanyakan orang berpikiran kafein adalah zat pada kopi atau teh yang bermanfaat untuk mencegah kantuk. Tapi, ternyata manfaatnya tak sekedar itu saja.

Belakangan ini, kafein mulai dikembangkan menjadi bahan produk-produk perawatan rambut. Tentu saja hal ini aneh bagi kebanyakan orang, bagaimana bisa kafein dijadikan produk perawatan rambut?

Untuk menjawab itu, sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Dermatology mengungkap bahwa kafein berfungsi menstimulasi batang rambut untuk tumbuh cepat dengan menghambat efek DHT atau zat yang merusak folikel rambut.

Pada penelitian ini, kafein diaplikasikan pada rambut lelaki dan perempuan. Hasilnya, penggunaan kafein membantu pertumbuhan rambut hingga 40 persen lebih cepat. Rambut perempuan lebih cepat bereaksi terhadap penggunaan kafein dibanding rambut lelaki.

Pertumbuhan rambut karena kafein akan terasa sampai pada delapan hari seusai pemakaian dan akan terus berlanjut jika digunakan secara rutin.

Namun, para peneliti kini masih mengkaji lebih lanjut mengenai efek samping di balik penggunaan kafein pada produk perawatan rambut.

“Tidak ada salahnya mencoba produk perawatan rambut yang mengandung kafein,” kata Kepala Peneliti, Dr Tobias Fischer. (Ryan)

Berita Terbaru

Wujudkan Women Support Women, Bupati Sleman Launching Aksi Putaran Sumringah

SLEMAN – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meresmikan Aksi Perubahan Pusat Pembelajaran Perempuan Semua Merasa Riang Menggapai Harapan (Putaran...
- Advertisement -

Baca berita yang ini