Terlalu Boros? Berikut Cara Menata Keuangan Pasca Lebaran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjelang hari raya, pengeluaran kamu pasti akan membengkak. Entah untuk berbelanja makanan, baju, atau untuk keperluan lainnya.

Tidak bisa dipungkiri, momen idul fitri justru membuat pengeluaran melambung tinggi. Banyaknya promo yang diadakan saat lebaran membuat kamu kalap.
Pengeluaran pun menjadi tidak terkendali.

Padahal masih ada kebutuhan setelah lebaran yang harus kamu penuhi. Gimana cara mengembalikan kondisi keuangan pasca lebaran? Simak tips ini!

1. Cek kondisi keuangan

Langkah awal menata finansial setelah boros saat hari fitri adalah dengan mengecek kondisi keuangan kamu. Hal ini sangat penting sebelum lanjut ke langkah berikutnya.

2. Perketat pengeluaran

Jika dirasa kamu terlalu banyak mengeluarkan uang saat lebaran, maka setelahnya kamu harus perketat pengeluaran kamu. Dilansir dari laman Kontan, ini adalah konsekuensi dari gaya hidup konsumtif selama hari raya.

3. Buat skala prioritas

Alangkah lebih baik kamu buat skala prioritas kebutuhanmu untuk tetap mengatur pengeluaranmu. Tetap perhatikan ketersediaan dana darurat.

4. Belanja cerdas

Belajarlah untuk awasi pengeluaran. Perhatikan mana yang dibutuhkan dan mana yang hanya keinginan semata. Selain itu, usahakan untuk berbelanja menggunakan uang tunai atau kartu debit dan hindari penggunaan kartu kredit untuk sementara waktu.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini