Terjebak Dalam Situasi Rumit di Tempat Kerja? Ikuti Tips Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam lingkungan kerja, ada banyak skenario di mana satu kata atau tindakan yang salah dapat membuat kita terpuruk.

Jadi, untuk menghindarinya, berikut adalah beberapa situasi rumit dan bagaimana kamu dapat menanggapinya tanpa merusak reputasi diri sendiri.

Seseorang mengambil kredit untuk pekerjaanmu

Ini adalah skenario yang agak umum ketika kepala departemen menerima penghargaan atas pekerjaan yang telah dilakukan karyawan mereka.

Apa yang harus kamu lakukan dalam situasi seperti itu adalah dengan mengatakan ‘terima kasih telah menyoroti poin saya’. Jika mengatakannya dengan tenang, kamu dapat mengklaim kembali idemu tanpa bersikap kasar.

Ini juga memberimu keunggulan ketika kamu berbicara kepada atasan dengan masalah yang sama. Terakhir, kepemilikan adalah milikmu, tetapi, berikan informasi atau klarifikasi yang lebih rinci tentang hal yang sama.

Diminta untuk lembur

Banyak senior terkadang meminta karyawannya untuk tetap tinggal sampai larut untuk kewajiban pribadi terutama ketika kamu akan pergi.

Dalam situasi seperti itu, kamu dapat dengan sopan mengatakan bahwa kamu memiliki komitmen lain. Itu harus keluar sebagai permintaan yang terhormat untuk kerahasiaan dan menetapkan batasan.

Dibentar rekan tepercaya

Situasi ini bisa menjadi rumit karena kamu tidak dapat membalas karena itu dapat menyebabkan pertengkaran di kantor.

Kamu dapat menjaga kedamaian dan tetap diam jika kolega ini terlalu bersemangat dan kemudian membahasnya nanti.

Ketika TIDAK adalah kata yang harus dikatakan

Ada situasi di mana kamu harus mengatakan ‘TIDAK’ tetapi itu harus keluar dengan benar tanpa bersikap kasar.

Dalam skenario ini, untuk menyelamatkan reputasi, kamu dapat membingkai ulang ide yang disarankan dan mengatakan bahwa kamu akan mengerjakannya dengan seseorang. Bersikaplah diplomatis dan jangan hanya menolak permintaan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini