Telur Puyuh, Kecil-kecil Kaya Nutrisi dan Manfaat bagi Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Telur puyuh merupakan jenis telur yang dihindari oleh banyak orang. Pasalnya, telur puyuh dikenal mengandung banyak kalori yang memicu tingginya kolesterol.

Telur puyuh adalah telur yang dihasilkan dari burung puyuh. Telur yang memiliki ukuran kecil ini biasanya digunakan sebagai pelengkap sayur sup atau hidangan lainnya.

Meskipun memiliki ukuran yang tergolong kecil, telur puyuh mengandung banyak nutrisi. Nutrisi yang terdapat telur puyuh tidak kalah dengan telur ayam yang memiliki ukuran jauh lebih besar darinya.

Dalam satu buah telur puyuh terkandung sekitar 14 kalori, yaitu protein, lemak, kolin, fotal, vitamin A, vitamin B, zat besi, fosfor selenium, riboflavin dan asam pantotenat. Dari sekian banyak nutrisi, nutrisi dari selenium dan riboflavin memiliki peran penting bagi tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, telur puyuh punya banyak manfaat bagi tubuh.

Telur puyuh sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut riset yang dilakukan oleh International Journal of Scientific and Research Publication, telur puyuh dapat menjaga fungsi organ-organ tubuh serta dapat mencegah timbulnya suatu penyakit.

Berikut beberapa manfaat telur puyuh yang harus diketahui:

  1. Menjaga kesehatan mata
    Vitamin A yang terdapat pada telur puyuh yang cukup banyak dapat menjadi antioksidan yang melindung mata dari kerusakan serta menjaga kesehatan mata agar tetap melihat dengan normal.
  2. Menjaga fungsi otak
    Kandungan sejumlah vitamin dalam telur puyuh dapat membantu proses neurogenesis, menjaga fungsi saraf dan plastisitas otak. Mengonsumsi telur puyuh dapat membantu menjaga fungsi otak pada orang dewasa.
  3. Membentuk sel-sel tubuh
    Protein di dalam telur bermanfaat untuk pembentukan sel yang ada di dalam tubuh. Hal ini sangat penting bagi orang yang sedang menjalani proses pembentukan tubuh.
  4. Mengurangi risiko anemia
    Zat besi adalah komponen penting dari sel darah merah yang dapat membawa oksigen ke semua sel di dalam tubuh. Telur puyuh nyatanya mengandung zat besi yang amat berlimpah. Oleh karena itu, mengonsumsi telur puyuh dapat meningkatkan sistem peredaran darah, menjaga tekanan darah, dan mengatur hipertensi.
  5. Meningkatkan metabolisme tubuh
    Telur puyuh mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan aktivitas metabolisme di dalam tubuh. Hal ini membuat telur puyuh memiliki fungsi meningkatkan hormon tubuh dan meningkatkan enzimatik yang ada di dalam tubuh seseorang.

Reporter: Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kondisi Ekonomi Global Bergejolak, Chuck: Saatnya Presiden Prabowo Menerapkan Rezim Pemulihan Aset

Mata Indonesia, Jakarta - Kondisi perekonomian global masih diwarnai ketidakpastian dengan laju pertumbuhan belum optimal yang dipengaruhi oleh lemahnya...
- Advertisement -

Baca berita yang ini