Teh Hijau atau Kopi Hitam? Mana yang Lebih Tepat Turunkan Berat Badan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam hal penurunan berat badan, teh hijau dan kopi hitam adalah dua minuman favorit. Kedua minuman tersebut dianggap lebih baik daripada teh dan kopi tradisional, yang tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyabotase tujuan penurunan berat badan Anda.

Namun ada perdebatan, mana yang lebih baik untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan, apakah itu teh hijau atau kopi hitam? Melansir Times of India, berikut penjelasan untuk menghilangkan kebingungan Anda.

Teh hijau untuk menurunkan berat badan

Teh hijau adalah minuman favorit mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kebanyakan orang minum 3-4 cangkir teh hijau dalam sehari saat mencoba mengurangi berat badan.

Minuman ini tidak hanya dikenal untuk menurunkan berat badan tetapi memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti, karena adanya kafein dan katekin (sejenis flavonoid). Studi menunjukkan bahwa katekin, yang merupakan sejenis antioksidan dapat secara efektif memecah lemak berlebih di dalam tubuh.

Sesuai penelitian lain yang dilakukan tahun 2010, suplemen teh hijau dapat berdampak positif pada orang yang mencoba menurunkan berat badan dan menjaga tubuh mereka agar tetap proporsional.

Selain menurunkan berat badan, teh hijau juga baik untuk penderita kolesterol tinggi, masalah jantung, dan diabetes tipe 2. Kandungan nutrisi yang kaya pada teh juga mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Teh mengandung vitamin B, folat, magnesium dan flavonoid, yang hilang dalam teh susu tradisional.

Kopi Hitam untuk menurunkan berat badan

Kopi hitam adalah minuman populer lainnya yang disukai kebanyakan orang ketika mereka mencoba menurunkan berat badan. Beberapa orang bahkan meminum kopi hitam dengan mentega atau ghee (dikenal sebagai kopi peluru) sebagai pengganti sarapan untuk mengekang rasa lapar ketika mereka menjalankan misi menurunkan berat badan.

Kopi hitam lebih baik daripada kopi susu tradisional karena tidak mengandung gula dan krim. Sama seperti teh hijau, kopi juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan risiko diabetes. Kopi hitam juga dapat meningkatkan aktivitas metabolisme yang dapat menekan rasa lapar dan mencegah Anda mengunyah makanan yang tidak sehat.

Kopi hitam juga sarat dengan beberapa antioksidan dan nutrisi seperti vitamin B2, B3, B5, mangan, kalium dan magnesium. Asupan rutinnya dapat meningkatkan memori dan kinerja.

Putusan

Kedua minuman tersebut membantu kita dengan cara yang berbeda dan sesuai ilmu pengetahuan, keduanya dapat dimasukkan dalam rencana diet penurunan berat badan. Mereka menunjukkan hasil penurunan berat badan yang serupa.

Hanya jika Anda akan membandingkannya berdasarkan manfaat kesehatannya secara keseluruhan, maka teh hijau adalah pilihan yang jauh lebih baik. Daun teh mengandung lebih banyak antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu sistem internal Anda dengan berbagai cara.

Apakah Anda memilih teh hijau atau kopi hitam, pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Asupan minuman apa pun yang berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Sebagai informasi, asupan kafein yang berlebihan pada siang hari dapat mengganggu siklus tidur Anda dan bahkan mengganggu kesehatan jantung Anda. Akan tetapi, untuk mewujudkan misi Anda, Anda juga perlu makan sehat, olahraga, dan tidur tepat waktu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini