Tambah Harmonis, Ini Manfaat Family Time di Akhir Pekan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidak hanya sekadar bersenang-senang, family time ternyata sangat bermanfaat dalam menjaga dan mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Family time atau atau waktu bersama keluarga merupakan momen ketika kamu dan anggota keluargamu melakukan kegiatan bersama. Hal ini dapat dilakukan seperti bermain bersama, berlibur, berolahraga, membaca buku, saling mendengarkan cerita, dan sebagainya.

Di balik momen tersebut, family time juga memberikan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat family time di akhir pekan untuk keluarga.

1. Menjalin Keharmonisan

Kunci hubungan keluarga yang harmonis adalah komunikasi yang baik. Family time bisa menjadi kesempatan untuk meluangkan waktu agar hubungan keluarga kamu tetap harmonis.

Selain itu, melakukan kegiatan bersama keluarga juga dinilai dapat mempererat ikatan antar anggota keluarga.

2. Mengurangi Stres

Selain menciptakan keluarga yang harmonis, family time juga membantu mengurangi stres akibat beban pekerjaan kantor atau dari aktivitas sehari-hari. Momen ini bisa kamu lakukan dengan bermain sambil tertawa lepas dengan pasangan dan anak-anakmu.

3. Terbuka Dalam Mengutarakan Perasaan

Family time bisa menjadi tempat bagi anak dan pasangan untuk membuka diri, seperti mengutarakan perasaan, menyampaikan keluh kesah dan bertanya mengenai suatu hal.

Namun, para orangtua juga perlu bersikap terbuka agar anak tidak merasa sungkan untuk bercerita.

4. Mengembangkan Kreativitas pada Anak

Saat akhir pekan, kamu bisa mengajarkan kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas pada anak, seperti mengajak si kecil masak bersama di dapur. Anak bisa bereksperimen dengan kombinasi rasa, warna serta tekstur makanan.

Selain itu, anak juga bertambah pengetahuannya mengenai bahan dan peralatan yang ada di dapur.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Saat menghabiskan waktu bersama, anggota keluarga dapat membangun kepercayaan dirinya karena adanya rasa dihargai dan diapresiasi. Jadi, saat family time pastikan untuk saling memberi dukungan dan tidak menjatuhkan satu sama lain.

Selain di akhir pekan, family time bisa dilakukan setiap hari, lho. Walau dengan waktu yang sebentar, ini cukup untuk membangun hubungan yang lebih harmonis dengan pasangan maupun anak.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini