Sinusitis Kerap Mengganggu? 5 Cara Alami Ini Bisa Membantu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hidung yang tersumbat dan tidak kunjung berhenti merupakan gejala awal infeksi sinus atau sinusitis. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, mengemukakan bahwa infeksi ini terjadi ketika cairan menumpuk dan berisi udara di sinus dan rongga hidung. Pada momentum inilah, kuman tumbuh dan berkembang biak.

CDC juga menegaskan bahwa sebagian besar infeksi sinus disebabkan oleh virus dan menurut mereka banyak yang tidak perlu diobati dengan antibiotik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala sinusitis secara alami.

Pertama, yakni dengan menunggu beberapa waktu. Menurut Erica Elsing-Stevens, seorang dokter keluarga di Spectrum Health West Michigan Primary Care, mengemukakan bahwa infeksi sinus disebabkan oleh virus yang akan sembuh dengan sendirinya dalam tujuh hingga 10 hari.

“Infeksi bakteri hanya terjadi pada 0,5 hingga 2 persen kasus,” kata Erica, dikutip dari LiveStrong.

Hal ini merupakan salah satu strategi yang bisa dicoba yaitu menunggu infeksi sinus hingga sembuh dan mengunjungi dokter apabila infeksi tidak membaik.

Kedua, yaitu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air. Erica merekomendasikan supaya minum air setidaknya beberapa jam saat bangun untuk membantu membersihkan sinus.

“Hal nomor satu yang dapat Anda lakukan adalah tetap terhidrasi, dan ini berarti minum banyak air,” kata Erica Elsing-Stevens.

Ketiga, yaitu minum jahe. Makanan ini merupakan salah satu yang terbaik untuk membersihkan sinus. Erica Elsing Stevens merekomendasikan untuk meminum teh jahe dalam mengelola infeksi sinus.

Keempat, yaitu dengan menggunakan kompres hangat yang ditempatkan langsung pada sinus. Tindakan ini dinilai bisa membantu meredakan sinus.

Terakhir, yakni melakukan terapi uap dengan cara mengisi mangkuk dengan air panas yang mengepul. Tutup kepala dengan handuk dan arahkan tubuh ke atas mangkuk selama 10 menit supaya uapnya masuk ke dalam sinus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini