Simak Tips Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAOsteoporosis salah satu penyakit yang disebabkan karena kerusakan sel-sel tulang hingga mengakibatkan tulang menjadi keropos. Bagaimana cara mencegahnya?

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak hingga dewasa. Osteoporosis kerap terjadi pada wanita yang telah lanjut usia.

Namun penyakit ini juga bisa menyerang seseorang di usia muda. Jika di usia muda kamu kurang aktif bergerak, maka akan rentan sekali terkena osteoporosis.

Lalu bagaimana sih cara mencegah Osteoporosis di usia muda? Berikut beberapa tipsnya:

1. Aktif Berolahraga
Olahraga merupakan cara terampuh untuk mencegah osteoporosis. Aktif bergerak dan berolahraga mampu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, terutama jika dilakukan rutin sejak masa kanak-kanak dan remaja.

Olahraga yang paling sering berbenturan langsung dengan tanah atau lantai amat baik buat tulang. Contohnya, lari, trampolin, ataupun lompat tali. Ketiganya dianggap paling bagus untuk mencegah keropos tulang.

2. Perbanyak Asupan Kalsium
Kalsium merupakan kandungan penting dalam tubuh untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Maka dari itu, sangat disarankan memperbanyak asupan kalsium, seperti mengonsumsi minuman susu, sayur – sayuran dan buah-buahan.

3. Cukupi Nutrisi Tubuh
Cukupi nutrisi tubuh kamu dengan banyak mengonsumsi yang mengandung vitamin D. Bagi kamu yang ingin mencari sumber vitamin D dari makanan, bisa kok mengonsumsi kuning telur, susu kedelai, dan hati sapi. Setidaknya orang dewasa memerlukan 15 mikrogram vitamin D tiap harinya.

4. Jangan Takut dengan Sinar Matahari
cara selanjutnya adalah jangan takut dengan sinar matahari dan berjemur salah satu cara yang bagus juga untuk mencegah Osteoporosis. Cobalah untuk bersahabat dengan sinar matahari pagi.

Di waktu ini sinar matahari bisa membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami. Usahakan tubuh terkena sinar matahari pagi (sebelum jam 9) selama paling tidak 10 menit sebelum menggunakan tabir surya.

5. Tidak Merokok dan Minum Alkohol
Agar terhindar dari osteoporosis di masa muda, cobalah hentikan atau hindari kebiasaan buruk yang bisa mengacaukan kesehatan tulang. Misalnya, batasi konsumsi minuman beralkohol dan berhenti merokok.

6. Hindari Diet Ketat
Orang dengan diet ketat atau dilakukan secara berlebihan dapat mengarah pada kekurangan vitamin dan mineral. Padahal, kedua nutrisi tersebut sangat penting untuk tulang.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini