Sering Kelelahan Tanpa Sebab? Beberapa Faktor ini Patut Diwaspadai

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kelelahan umumnya disebabkan bekerja atau beraktivitas selama seharian. Namun sebagian orang merasa lelah tanpa ada alasan yang jelas. Maka patut diwaspadai bila menemukan fenomena seperti ini. Berikut beberapa tanda yang bisa menjadi masalah serius dan patut untuk diwaspadai.

Berdasarkan Express UK, ahli nutrisi Bioniq Clarissa Lenherr menegaskan bahwa kelelahan bisa memicu perubahan mood atau suasana hati.

“Saat kita lelah, kita memiliki lebih sedikit energi untuk menanggapi pemicu stres, yang dapat menyebabkan peningkatan emosi dan respons. Jika Anda menyadari perasaan ini telah berlangsung lebih dari sebulan, saya sarankan untuk menghubungi dokter,” kata Lenherr.

Kesulitan tidur juga menjadi sebuah pertanda. Meski sudah tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap hari tetapi masih terasa lemas saat bangun. Lenherr menegaskan bahwa kurang tidur adalah masalah yang umum. Hal tersebut bisa menyebabkan stres dan berpengaruh terhadap tingkat energi dan suasana hati.

Maka Lenherr menyarankan untuk menghindari kafein terlalu larut dan mengurangi penggunaan barang elektronik di malam hari.

Sementara itu, kelelahan juga bisa berpengaruh pada nasfu makan. Bila merasa lelah, tubuh memicu keinginan untuk mengonsumi gula lebih sering. Jenis makanan kaya energi ini menyediakan karbohidrat dan kafein dengan cepat yang menyebabkan kenaikan berat badan dalam jangka panjang.

Kemudian, kelelahan juga dinilai bisa menyebabkan kebingungan. Hal ini menyebabkan sulit untuk berpikir dan fokus.

Terakhir, yaitu bisa menyebabkan perubahan pada rambut dan kulit. Wajah menjadi rentan berjerawat dan rambut mulau rontok.

“Jika Anda stres, ini dapat menyebabkan kelelahan pada kelenjar adrenal yang menghasilkan banyak hormone seks kita. Perubahan hormon seks, khususnya DHEA dan testosterone, dapat menyebabkan perubahan dalam pertumbuhan rambut,” kata Lenherr.

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini