Sakit Tenggorokan? Konsumsi 8 Makanan Ini Dijamin Sembuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Perubahan cuaca yang ekstrem membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi menurun. Alhasil, tak jarang dari mereka terdampak penyakit flu, pilek, batuk hingga sakit tenggorokan.

Nah, biasanya banyak jenis makanan yang menjadi pantangan, karena tidak boleh dikonsumsi karena dapat berpengaruh kepada kesehatan. Namun, tak sedikit banyak pula makanan yang bisa memantu penyembuhan, di antaranya:

1. Susu

Ketika sakit rasanya seperti sulit menelan makanan. Padahal ini berisiko dehidrasi. Sebagai gantinya, cobalah minum susu atau olahannya seperti milkshake. Bukan hanya bernutrisi dan mencegah dehidrasi, susu juga mengenyangkan.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan tepat saat sakit tenggorokan. Anda bisa menjadikannya sarapan, makan siang, dan makan malam. Sentuhan madu bisa terasa enak dan menenangkan bagi tenggorokan Anda.

3. Yogurt

Anda dapat memilih yogurt alami dengan tambahan potongan buah, atau bahkan rasa seperti cokelat, pisang dan karamel ketika sakit tenggorokan. Jika Anda ingin menjaga kesehatan, pilihlah yang rendah lemak dan memiliki nilai gizi lebih banyak serta rendah gula.

4. Kentang

Bukan kentang goreng melainkan kentang rebus atau kukus. Anda juga bisa mengonsumsi kentang tumbuk (mashed potato). Meskipun Anda kehilangan nilai gizi karena makanan ini kaya krim dan mentega, namun makanan ini cukup membantu memberikan energi saat Anda sakit.

5. Sup

Tentu saja, sup dengan banyak sayuran yang sehat memberikan vitamin dan mineral yang diperlukan bagi tubuh Anda dan baik dikonsumsi terutama saat sedang sakit.

6. Telur

Telur mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral seperti A, B5, dan B2, serta seng, protein, dan lemak sehat.

7. Jeruk nipis atau Cuka Sari Apel

Jika Anda ingin minum sesuatu yang berbeda tanpa mengiritasi tenggorokan, cobalah minum perasan jeruk nipis atau cuka sari apel. Agar tidak terlalu asam, pastikan Anda menambahkannya ke air, teh, atau madu.

8. Kaldu tulang

Kaldu tulang dapat membantu peradangan, memuaskan rasa lapar, menghangatkan Anda, meringankan kondisi pencernaan, dan mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

Berita Terbaru

Bupati Sleman Resmikan Gen Z Institut Sleman: Harapan Besar Generasi Z Membangun Sleman Sembada

Sleman, 16 Juli 2024 – Kabupaten Sleman menyaksikan sebuah tonggak penting dalam pemberdayaan generasi muda dan perempuan dengan peluncuran...
- Advertisement -

Baca berita yang ini