Rambut Mulai Beruban? Jangan Khawatir, Ini Cara Menyiasatinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rambut sudah mulai beruban bukanlah aib atau kekurangan yang harus ditutupi secepatnya dengan perwarna rambut berpigmen kuat.

Hal ini disebabkan karena adanya perubahan kadar melanin rambut. Namun orang Indonesia memiliki kadar melanin tinggi sehingga rambut bisa berwarna hitam legam. Ketika rambut berubah menjadi abu-abu kemudian putih artinya kadar melanin dalam helainya menurun hingga kemudian hilang

Umumnya, perubahan kadar melanin menurun seiring bertambahnya usia. Terutama jika sudah menjelang 40 tahun ke atas. Namun, uban bisa juga muncul lantaran ada faktor genetis sehingga bisa datang di awal atau di bawah usia 40 tahun.

Ada beberapa cara untuk menutupinya menurut laman Prevention, yaitu pertama dengan menghindari upaya untuk mengecat rambut. Cara ini bisa merusak kulit kepala karena zat-zat kimia dalam cat bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit dan mata.

Cat rambut juga dinilai tidak bisa menghentikan laju pertumbuhan uban, terlebih ketika rambut sudah ditutup dengan warna cokelat dan uban tumbuh kembali. Akibatnya, rambut harus dicat ulang.

Kedua, dengan cara membiarkan rambut putih tetap tumbuh hampir memenuhi hampir 60 persen total rambut. Hal ini bisa dilakukan jika ingin tampil apa adanya.

Ketiga, rambut yang sudah kekurangan melanin dan disertai dengan menurunnya pula produksi minyak membuat kondisi helai kering dan sulit diatur. Cara untuk menyiasati ini dengan menggunakan sampo khusus rambut putih atau uban.

Keempat, bisa dengan mengimbangi tanda penuaan dengan menata rambut yang modern. Hindari pemakaian pisau cukur untuk memangkas rambut karena pisau cukur bisa membuat ujung rambut yang kering jadi patah dan bersisik. Selain itu, memotong rambut dengan gunting bisa dilakukan rutin selama  beberapa bulan sekali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini