Pusing Usai Bercinta? Ini Penyebabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada beberapa hal yang biasanya dirasakan usai bercinta, seperti lelah dan mengantuk. Namun, beberapa pasangan justru merasakan pusing dan mual usai mengalami orgasme yang luar biasa.

Lantas apakah hal ini  wajar? Ada sejumlah alasan mengapa seseorang merasa pusing setelah bercinta, lonjakan atau penurunan tekanan darah adalah salah satu penyebab yang paling umum.

Dokter obgyn bersertifikat di New York, Denise Moses, MD, FACOG menjelaskan bahwa berdiri atau tiba-tiba mengubah posisi saat berhubungan bercinta – dari berbaring menjadi di atas, misalnya, dapat memengaruhi aliran darah ke berbagai area tubuh, sehingga mengubah tekanan darah Anda.

Ia menambahkan, vertigo bisa menjadi penyebab pusing lain setelah Anda dan pasangan bercinta. Pengalaman ini, kata Moses, dapat memburuk saat Anda ‘bermain-main’ di tempat tidur, karena pernapasan Anda menjadi cepat, terutama saat orgasme.

“Vertigo adalah sensasi ruangan berputar atau ada perasaan bergoyang atau miring,” jelas Dr. Moses, melansir Yahoo Life, Kamis, 6 Mei 2021.

Dr. Moses menambahkan, Anda tidak perlu khawatir bila Anda merasakan pusing selama atau setelah bercinta. Ia menyarankan, untuk duduk perlahan, minum air mineral, dan konsumsi sesuatu yang ringan, seperti biscuit.

Namun, apabila rasa pusing kembali muncul dan Anda khawatir hal itu dapat menjadi sesuatu yang serius, maka sebaiknya Anda membicarakan kepada dokter Anda.

Terlepas dari hal itu, bercinta tak selalu soal kesenangan dan kepuasan. Percaya atau tidak, bercinta memiliki begitu banyak manfaat, seperti meningkatkan suasana hati dan kesehatan fisik.

Selain itu, bercinta secara konsisten bersama pasangan juga dapat meningkatkan keharmonisan hubungan asmara, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan, memperkuat otot jantung, membuat kulit tampak muda, menghilangkan stress, membuat tidur semakin nyenyak, dan masih banyak lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini