Punya Masalah Ketombe Parah? Coba Atasi dengan Cara Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Semua pasti pernah mengalami yang namanya ketombe, baik usia muda dan tua. Terkadang, masalah ini sangat menyebalkan.

Meski termasuk masalah umum, munculnya ketombe yang membandel kerap mengganggu kenyamanan dan menurunkan rasa percaya diri.

Penyebab ketombe pun bermacam-macam mulai dari kulit kepala yang kering, berminyak, atau tidak penggunaan shampo yang tidak cocok.

Kemudian, penyebab lainnya adalah jarang keramas atau mencuci rambut yang akan membuat kulit kepala mati, kering, menumpuk, dan menyebabkan ketombe.

Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe di rambut secara alami? Coba dengan cara berikut ini.

1. Lidah buaya
Lidah buaya dikenal sangat banyak manfaat untuk rambut. Kandungan dalam lidah buaya antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, dan menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan menghilangkan ketombe secara alami.

2. Minyak kemiri
Tidak hanya digunakan sebagai penyubur rambut, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut.

3. Gunakan shampo yang cocok untuk kondisi kulit kepala
Gunakanlah shampo anti ketombe yang ampuh mengatasi ketombe basah dan kering, sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala. Hentikan penggunaan shampo jika ketome makin parah.

4. Minyak almond
Minyak selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen adalah minyak almond.

Caranya, oleskan minyak almond pada kulit kepala secara merata. Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak almond meresap. Diamkan selama 30 menit

5. Baby oil
Baby oil dapat digunakan untuk berbagai masalah kulit, salah satunya masalah kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe. Selain itu, berguna untuk melembabkan kulit kepala dapat, terhindar dari kekeringan, dan masalah ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan baby oil adalah mengoleskannya secara langsung ke kulit dan akar rambut. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas hingga bersih.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini