Perhatian! Senam Kegel Punya Banyak Manfaat untuk Pria dan Wanita

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Senam kegel punya banyak manfaat untuk pria dan wanita. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Senam kegel adalah senam pelatihan otot panggul bawah yang memiliki manfaat untuk memperbaiki fungsi otot dan kekuatan otot panggul bawah. Senam kegel identik dengan olahraga bagi kaum wanita, salah satunya ibu-ibu yang baru melahirkan.

Memang benar awalnya senam kegel dikembangkan untuk membantu wanita khususnya ibu pasca-melahirkan yang memiliki gangguan pada otot panggul. Kondisi ini biasanya dapat menyebabkan wanita tanpa sengaja “mengompol” ketika sedang tertawa, batuk ataupun bersin yang disebut dengan inkontinensia urine.

Senam kegel dapat dilakukan oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Senam kegel mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja. Senam ini juga terbukti memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat yang akan didapatkan melakukan senam kegel secara rutin bagi wanita dan pria:

  1. Senam kegel dapat memperbaiki fungsi kandung kemih. Seiring bertambahnya usia manusia ataupun berat badan, otot-otot yang ada pada dasar panggul dapat melemah. Kondisi ini mengakibatkan seseorang dengan mudahnya mengeluarkan urin saat batuk, tertawa atau bersin.
  2. Bagi wanita yang melakukan senam kegel semasa kehamilannya maka akan dapat menguatkan melenturkan otot pinggul. Hal ini sangat bermanfaat untuk proses persalinan menjadi lebih lancar.
  3. Manfaat lain senam kegel bagi wanita yaitu dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke area vagina. Darah yang mengandung oksigen sangat diperlukan untuk meregenerasi sel dan jaringan vagina yang mengalami kerusakan akibat episiotomy (gunting vagina saat melahirkan).
  4. Peredaran darah yang lancar ketika melakukan senam kegel secara rutin ini juga dapat mengatasi wasir atau ambieien.
  5. Bagi pria, senam kegel baik untuk melatih otot-otot yang ada di sekitar prostat sehingga dapat menopang berbagai organ reproduksi pria dengan kuat.
  6. Selain itu, senam kegel juga dapat mengatasi ejakulasi dini bagi pria. Menurut penelitian terkait, senam kegel selama kurang lebih 12 minggu mampu membantu 50 persen pria dengan masalah ejakulasi dini.

(Shafira Annisa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita atas Wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Mata Indonesia - Presiden Joko Widodo menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi yang meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada hari Minggu (19/05) lalu. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya di hadapan awak media di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Selasa, 21 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini