Pengantin Baru Merapat! Ini Tips agar Cepat Hamil

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Cepat memiliki momongan adalah impian mayoritas pengantin baru. Coba yuk tips berikut ini agar bisa segera hamil.

Kehadiran buah hati di dalam pernikahan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian pasangan, mungkin termasuk kamu dan suamimu. Tak heran berbagai upaya pun kalian lakukan agar cepat memiliki momongan, termasuk berhubungan intim secara rutin.

Tapi, ada pasangan yang membutuhkan waktu untuk hamil. Di satu sisi, ada pasangan yang tak butuh waktu lama hamil setelah menikah.

Nah, bila pasangan suami-istri ingin segera punya momongan, tips berikut ini bisa dicoba:

  1. Berhubungan intim di masa subur

Berhubungan intim secara rutin tanpa menggunakan kondom, terutama ketika kamu sedang dalam masa subur atau ovulasi, bisa meningkatkan peluang hamil.

Pada wanita yang siklus haidnya teratur selama 28–30 hari, masa subur bisa diprediksi terjadi di sekitar hari ke-10 hingga ke-14 sebelum hari pertama menstruasi berikutnya.

Masa subur wanita umumnya ditandai oleh beberapa hal, yaitu meningkatnya suhu basal tubuh, merasa lebih bergairah, keluarnya cairan atau keputihan lebih banyak, serta timbulnya rasa nyeri ringan di bagian perut dan payudara. Untuk memastikan masa suburmu, kamu juga bisa menggunakan alat tes masa subur.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Kondisi kesuburanmu dan pasangan juga dipengaruhi oleh faktor kecukupan gizi. Ini karena sel telur dan sperma membutuhkan nutrisi yang baik agar bisa berfungsi dengan normal.

Agar bisa cepat hamil, kamu dan pasanganmu perlu mencukupi asupan protein, vitamin, lemak sehat omega-3, antioksidan, dan aneka mineral, termasuk zinc, selenium, zat besi, dan kalsium.

Asupan nutrisi tersebut bisa kamu peroleh dari beragam makanan, seperti daging, ikan, telur, seafood, kacang, biji-bijian, dan aneka buah dan sayuran.

Jika saat ini kamu tengah mengalami tanda-tanda tersebut atau kamu sedang berada di masa suburmu, jangan tunda lagi untuk berhubungan intim, ya.

  1. Hentikan kebiasaan tidak sehat

Gaya hidup kurang sehat, seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan kurang tidur atau sering begadang, bisa mengganggu kesehatan sistem reproduksi pria dan wanita.

Jika kamu atau pasanganmu memiliki kebiasaan tersebut, peluang kamu untuk hamil pun akan semakin kecil, walau sudah rutin berhubungan intim.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan peluang kehamilan, kamu dan pasangan sebaiknnya mulai menjalani hidup sehat, misalnya dengan rutin olahraga, konsumsi makanan bergizi, kurangi stres, tidur yang cukup, dan berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.

  1. Lakukan pemeriksaan ke dokter

Selain ketiga tips di atas, cek kesehatan secara rutin juga penting untuk dilakukan. Cara ini juga menjadi syarat utama bagi pasangan yang ingin memulai program hamil. Melalui pemeriksaan kesehatan, kondisi kesehatan dan kesuburan kalian berdua bisa terpantau dengan baik.

Bila salah satu dari kalian mengalami gangguan kesuburan, dokter bisa melakukan pengobatan, agar peluangmu untuk hamil bisa semakin besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini