Penderita Asma Merapat, 5 Makanan Ini Dinilai Bisa Menjadi Obat Ampuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para penderita asma disarankan tidak hanya mengonsumsi obat-obatan saja melainkan bisa dengan menyantap makanan yang bergizi. Sebenarnya, pola makan yang baik juga bisa membantu membuat berat badan ideal.

Menurut Health.com ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita asma. Pertama dengan mengonsumsi dua hingga lima apel dalam seminggu. Cara ini dinilai bisa mengurangi risiko asma 32 persen.

Diketahui, risiko asma mengecil karena adanya senyawa bermanfaat yang dikenal sebagai flavonoid. Adapun, salah satu flavonoid yang sangat bermanfaat adalah khellin karena telah terbukti membuka saluran udara.

Kedua, yaitu dengan mengonsumsi blewah. Mengingat, buah ini mengandung vitamin C yang sangat baik bagi penderita asma.

Vitamin C sebagai antioksidan yang kuat bisa menangkal kerusakan paru-paru dengan melawan radikal bebas. Jika mendapat asupan vitamin C yang tinggi juga berpotensi kecil menderita asma.

Ketiga, yaitu wortel. Sayuran ini mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh sehingga bisa mengurangi asma karena olahraga. Namun beta-karoten tidak hanya terdapat paa wortel melainkan pada buah dan sayuran lain seperti apricot, paprika hijau, dan ubi jalar.

Keempat, yaitu dengan mengonsumsi kopi. Namun dalam hal ini kopi yang berkafein sedikit. Tujuannya supaya meningkatkan fungsi saluran napas hingga empat jam setelah dikonsumsi. Mengingat, kafein adalah bronkodilator yang bisa meningkatkan aliran udara sehingga membantu penderita asma melancarkan pernapasan.

Terakhir, yaitu bawang putih. Kandungan allicin yang menyeluruh dalam tubuh akan menghasilkan asam yang menghancurkan radikal bebas.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Penyidik Kejati DIY Berhasil Menyita Sejumlah Uang Tunai Dan Beberapa Dokumen di Rumah Dinas Dirut PT Taru Martani

Mata Indonesia, Yogyakarta - Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi D.I.Yogyakarta melakukan Penggeledahan dan Penyitaan di Kantor PT. Taru Martani Jln. Kompol Bambang Suprapto No.2A Baciro Gondokusuman Yogyakarta dan Rumah Dinas Dirut PT. Taru Martani Jln. Tunjung Baciro Yogyakarta, pada Senin (1/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini