Para Pelajar Merapat, Ini 5 Cara Supaya Terhindar dari Stres

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para pelajar pun tidak luput dari beban pikiran atau stres. Jika kondisi ini terus terjadi dan tidak dikelola dengan baik bisa berdampak di berbagai bidang seperti kualitas akademis pelajar.

Tidak hanya itu, stres yang berkepanjangan juga bisa memengaruhi hubungan sosial dan kesehatan pelajar. Maka, menurut Very Well Mind, ada 5 cara bagi pelajar untuk mengelola stress secara tepat.

Pertama, yaitu dengan mengupayakan untuk tidur yang cukup. Jadwal yang padat memang menjadi halangan sehingga jam tidur terganggu. Hal ini bisa membuat kurang produktif sehingga tidak bisa menerima materi pembelajaran dengan efektif.

Tubuh setidaknya membutuhkan waktu tidur selama 8 jam di malam hari. Meski demikian, beristirahat di siang hari juga bisa dilakukan jika diperlukan.

Kedua, dengan mengoptimalkan visualisasi. Dalam hal ini, proses visualisasi atau membayangkan dan mempratikkan suatu hal dapat membantu menengangkan diri, melepaskan diri dari sesuatu yang bisa memicu stres. Aktivitas ini juga bisa menjadi awal yang baik untuk mempersiapkan presentasi.

Ketiga, yaitu dengan rutin berolahraga. Cara ini ampuh untuk menghilangkan stres. Maka, sebaiknya luangkan waktu untuk berolahraga seperti yoga atau berjalan kaki dan bersepeda ke kampus.

Keempat, para pelajar bisa menenangkan diri dengan melatih pernapasan. Latihan ini bisa dilakukan dalam hitungan menit dan efektif mengurangi kecemasan. Aktivitas ini bisa mencegah stres sehingga bisa berpikir dengan jelas.

Terakhir, yaitu dengan mendengarkan musik. Cara ini bisa membantu mengurangi dan meredakan stres. Musik klasik bisa menjadi pilihan ketika belajar atau bisa juga menyesuaikan selera musik masing-masing pribadi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini