Musim Hujan, Begini Cara Ampuh Cegah Rumah Bocor

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memasuki akhir tahun 2020, sejumlah wilayah di Indonesia mulai memasuki musim hujan. Biasanya, hal yang paling ditakutkan saat hujan tiba ialah banjir yang bisa menghambat aktivitas.

Tapi, kamu juga perlu tahu kalau gak cuma banjir yang menghantuimu saat musim hujan. Rumah bocor juga bisa menjadi masalah lho!

Atap rumah biasanya sering mengalami kebocoran apalagi saat hujan deras dan angin kencang. Untuk itu, pemilik rumah sebaiknya mempersiapkan diri dengan mengecek bagian hunian untuk mencegah kerusakan yang lebih berat imbas diterpa hujan.

Jangan panik! Kamu bisa simak beberapa cara ini agar rumahmu terhindar dari kebocoran saat hujan tiba.

1. Cek Kondisi Rumah

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah memeriksa kondisi rumahmu. Kamu bisa melakukannya saat cuaca sedang panas atau tidak hujan.

Cobalah periksa apakah ada noda bekas rembes pada plafon, dinding bergelembung dan berjamur, retak pada dinding luar. Jika perlu, kamu bisa meminta bantuan orang untuk mengecek atap untuk mengetahui adakah yang bergeser atau berlubang.

2. Periksa Plafon

Selanjutnya, periksalah plafon rumah agar kebocoran rumah bisa terdeteksi sejak dini. Tanda-tanda kebocoran salah satunya terjadi perubahan warna plafon.

Perhatikan kondisinya ya! Jangan menunda perbaikan bila ada kerusakan karena angin kencang bisa membuat plafon roboh dan menyebabkan kebocoran.

3. Lakukan Reparasi

Jika ada bagian rumah yang rusak dan berpotensi menyebabkan kebocoran segera lakukan reparasi. Coba mulai dari area yang mudah dijangkau ya.

Namun, jika ada bagian yang rusak parah dan sulit dijangkau, coba pakai jasa tukang untuk memperbaikinya. Sebab, jasa reparasi tukang biasanya akan jauh lebih paham dan tepat.

4. Gunakan Produk Waterproofing

Satu hal lagi yang perlu kamu lakukan untuk mencegah kebocoran ialah menggunakan produk waterproofing. Cat tahan air atau waterproof ini bisa membantumu mencegah kebocoran di rumah.

Gak cuma mengatasi kebocoran saat hujan, cat waterproof bisa mempercantik rumah lebih lama. Sebab, selain menjaga dari rembesan air akibat hujan, cat ini juga mampu mempertahankan warnanya meski terkena air hujan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini