Minum Kopi Bisa Cegah Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA Mendengar kata penyakit kanker payudara memang menjadi hal yang menakutkan bagi semua orang terutama kaumwanita.

Karena kanker payudara merupakan penyakit pembunuh wanitano.1 di dunia saat ini maka sangat tidak heran jika wanita sangat ketakutan apabila mendengar hal-hal yang berkaitan dengan kanker payudara.

Ternyata benar kopi bisa cegah kanker payudara lohh, ko bisa ?

Penelitian dari Swedia menemukan mengkonsumsi 2 cangkirkopi sehari dapat mengurangi risiko kanker payudara kambuhan pada wanita hingga 50 persen.

Para peneliti dari studi tersebut menemukan bahwa kopi dapat menghentikan pertumbuhan tumor pada payudara wanita yang sudah diobati dengan obat tamoxifen.

Tamoxifen adalah obat terapi hormon yang diberikan pada wanita pasien kanker payudara yang belum mengalami menopause, dan biasanya dikonsumsi selama lima tahun ataulebih setelah pengobatan.

Umumnya, pertumbuhan tumor kanker payudara bergantung pada hormon estrogen, dan tamoxifen akan memblok estrogen mencapai sel-sel kanker. Hal ini akan memperlambat pertumbuhan kanker, bahkan bisa juga menghentikannya.

Dalam studi ini, peneliti asal Swedia dan Inggris mengamatidata dari 1.090 pasien kanker payudara yang sedang dalampengobatan.

Mereka menemukan bahwa lebih dari 500 perempuan yang telah diobati dengan tamoxifen, dan orang-orang yang meminum setidaknya dua cangkir kopi sehari, menurunkan risiko kankerkambuh kembali, dibanding mereka yang meminum kopi kurangdari 2 cangkir atau tidak sama sekali.

Zat dalam kopi memperkuat efek dari pengobatan tamoxifen. Jadi, zat ini dapat mematikan sinyal pertumbuhan sel kanker. Meskipun begitu, pasien tetap harus meminum obat yang diresepkan. Kopi hanya bersifat membantu, bukan mengobati. Jadi, tidak ada alasan untuk menghentikan obat karena sudahmeminum kopi. Selain itu, 2 cangkir kopi sehari sudah cukupmemberi efek, tidak perlu mengonsumsinya secara berlebihan,” ungkap Rosendahl, salah satu peneliti.

Ini bukan penelitian pertama yang mengungkap manfaat kopi sebagai pencegah kanker. Studi sebelumnya dari World Cancer Research Fund menunjukkan bahwa minum kopi panas dapatmelindungi Anda dari risiko kanker hati akibat penyalahgunaanalkohol.

Setiap satu cangkir kopi dalam sehari, menurunkan risiko kankerhati sebesar 14 persen . Selain itu, ilmuwan dari Harvard Medical School juga sempat menemukan bahwa wanitapeminum kopi 20 persen lebih rendah risikonya terkena kankerkulit

Itulah mengapa alasan mengapa kopi bisa mencegah kanker payudara. Tetapi meskipun kopi mampu mencegah kanker payudara, tetap saja anda tidak boleh berlebihan mengkonsumsi kopi tersebut karena segala sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak baik.

Reporter : Nabila Kuntum Khaira Umma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bersinergi Tolak Politik Identitas Dalam Pilkada 2024

Di tengah gemuruh persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, suara-suara yang menolak politik identitas semakin nyaring terdengar. Aksi bersama...
- Advertisement -

Baca berita yang ini