Militer Korea Selatan Tolak Seleb yang Daftar Wamil di Tengah Penyelidikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEOUL – Militer Korea Selatan memutuskan untuk menolak selebritas yang berada di bawah penyelidikan kriminal aktif untuk dapat menjalani wajib militer (wamil). Hal ini dilakukan agar proses penyelidikan tetap berjalan semestinya, sehingga wamil tidak dijadikan alasan untuk melarikan diri.

Dilansir dari AllKpop, menurut buklet yang diterbitkan oleh Kementerian Strategi dan Keuangan pada tanggal 28 Juni 2021, “Perubahan akan berlangsung mulai dari paruh kedua tahun 2021. Tanggal pendaftaran wajib militer untuk selebriti yang sedang diselidiki akan ditunda seperti yang diminta oleh kepala. dari lembaga investigasi.”

Mengenai latar belakang tindakan tersebut, Administrasi Tenaga Kerja Militer menjelaskan, “Jika seseorang bergabung dengan militer saat sedang diselidiki atas tuduhan kriminal, kelangsungan penyelidikan akan terputus dan orang tersebut tidak akan dapat berkonsentrasi pada dinas militernya. ”

Seperti diketahui, beberapa artis Korea Selatan yang sedang menjalani penyelidikan memilih untuk mendaftarkan diri untuk menjalani wajib militer. Di antaranya ada Seungri mantan angota BIGBANG dan aktor Lee Seo Won.

Seungri sedang diselidiki untuk ‘Skandal Burning Sun’ atas tuduhan menengahi prostitusi dan perjudian di luar negeri. Di tengah persidangan, Seungri mendaftar wajib militer. Sementara, aktor Lee Seo Won juga menjalani wajib militer saat diadili karena pelecehan dan intimidasi seksual.

Ada kekhawatiran bahwa orang-orang ini telah memilih untuk mendaftar untuk kewajiban militer mereka sebagai cara untuk menghindari hukuman atas kejahatan mereka. Oleh karena itu, tindakan baru akan mencegah apa yang disebut, “daftar wajib militer untuk melarikan diri.”

Subyek Permohonan adalah mereka yang sedang menjalani pemeriksaan atas tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara atau lebih. Jika kepala badan investigasi meminta penundaan tanggal pendaftaran, kepala kantor urusan militer setempat dapat menunda pendaftaran hingga satu tahun di bawah kekuasaannya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini