Mengenal Tipe-Tipe Bipolar, Medina Zein Idap Bipolar Tipe Apa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gangguan mental bipolar disorder dapat dialami oleh siapa saja, bahkan public figure sekaligus. Salah satu selebgram, Medina Zein, sedang ramai diperbincangkan karena keluarga dan pengacaranya menyebut ia mengalami bipolar akut.

Warganet mempertanyakan jenis bipolar tipe apa yang iaderita karena tidak ada gangguan mental bipolar akut. Seleb dengan nama asli Medina Susani ini telah mengidap bipolar sejak tahun 2016. Dalam Instagram Storynya pada tahun2021, ia pernah mengaku bahwa dirinya didiagnosis bipolar tipeII.

Bipolar disorder memang digolongkan ke dalam beberapa tipe. Berikut adalah penjelasannya dilansir dari Klik Dokter.

1. Bipolar tipe I

Bipolar tipe I ini gejalanya satu episode mania dimana seseorang merasakan emosi yang tinggi seperti bersemangat, impulsif, dan penuh energi yang berlangsung minimal 7 hari atau bahkan lebih.

Pada tipe ini, penderita juga bisa saja mengalami episode depresi hebat atau hipomania sebelum dan sesudah episode manik.

2. Bipolar tipe II

Lebih parah dari tipe I, tipe II ini pengidap mengalami satu episode depresi besar yang berlangsung sekitar 2 minggu.

Selain depresi besar, mereka juga mengalami setidaknya satuepisode hipomania (mirip dengan mania tapi tidak terlaluparah) selama empat hari. Biasanya tipe ini umum terjadi pada perempuan.

3. Siklotimia

Siklotimia lebih ringan dari dua tipe di atas. Pengidap siklotimi mengalami episode hipomania dan depresi yang berlangsung setidaknya selama dua tahun.

Orang dengan kondisi ini sering tampak berfungsi normal, meskipun mereka mungkin tampakmurungatausulitbagiorang lain. Biasanya dialami oleh remaja.

4. Rapid cycle

Orang yang mengidap rapid cycle memiliki empat atau lebih episode perubahan mood dan berlangsung dalam periode 1 tahun. Masing-masing episodenya berlangsung beberapa hari. Biasanya lebih mungkin dialami oleh perempuan.

5. Mixed features

Mixed features ini keadaan dimana periode depresi dan mania terjadi di saat yang sama. Misalnya, kamu mungkin merasa bersemangat melakukan beberapa aktivitas berenergi tinggi, tetapi kamu juga merasa tertekan disaat yang sama.

Itu dia beberapa tipe-tipe bipolar yang perlu kamu ketahui dan waspadai. Jika kamu merasa perasaanmu cepat dan sering berubah-ubah tanpa alasan yang jelas, lebih baik kamu langsung pergi ke tenaga profesional. Jangan sampai kamu melakukan self diagnose, ya!

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini