Mantan Pacar Masih Ngejar, Awas Itu Taktik Hoovering

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gaes, mantan masih ngejar-ngejar kamu? nah biasanya mantan nggak mau terima karena tidak terima putus, masih cinta atau mantan kamu mengidap Hoovering.

Hoovering adalah taktik manipulatif oleh seorang sebagai cara untuk masuk kembali ke dalam hidup kamu. Biasanya, ini dilakukan setelah putus atau dalam jangka waktu yang lama tanpa kontak. Hoovering adalah cara untuk mencoba memanipulasi Anda agar kembali ke mantan Anda.

Hoovering biasanya dilakukan setelah lama tidak ada kontak antara korban dan pelaku. Dalam upaya untuk mendapatkan kembali kendali atas korban mereka, pelaku akan menggunakan taktik manipulasi. Caranya ia akan mencari titik lemah dan kerentanan emosional orang yang akan diincar.

Dilansir dari situs healthline.com, cara itu dilakukan hanya untuk mencoba menarik perhatian Anda kembali, bukan semata-mata ingin mengetahui jawaban Anda. Meskipun pesan nostalgia atau pertanyaannya tampak tidak berbahaya, Anda harus tetap skeptis.

Biasanya kalimat yang terucap untuk mengelabui adalah mengingatkan hal-hal yang di masa lalu saat menjalin hubungan, seperti lagu kesukaan, film, hadiah, bahkan mengaku bermimpi tentang Anda.

Tak hanya itu, tipu muslihat untuk meyakinkan Anda bisa dengan aksi pelaku menunjukkan rasa penyesalan, tiba-tiba menyampaikan ucapan maaf yang berlebihan, mengucapkan kalimat-kalimat pujian, dan meyakinkan korban bahwa cintanya abadi.

Parahnya lagi mereka akan memengaruhi orang terdekat Anda bahwa ia benar-benar merindukan dan sangat membutuhkan Anda. Tak heran jika semua tindakannya berlapis hal-hal yang baik, termasuk terus-menerus mengirimi Anda hadiah.

Bahkan beberapa tanda terbesar dari hoovering adalah menyampaikan ancaman melukai diri sendiri. Seorang mantan yang manipulatif akan berusaha memaksa Anda untuk merespons ancamannya untuk bunuh diri jika Anda megabaikan kedatangannya, bahkan sekedar melewatkan pesan dan teleponnya.

Berikut ciri-ciri Hoovering yang harus kita waspadai?

  1. Mereka berpura-pura bahwa hubungan kalian tidak pernah berakhir

Teknik hoovering yaitu dengan berpura-pura bahwa kamu tidak pernah memutuskan hubungan.

2. Memberi Hadiah 

Mantan akan tiba-tiba memperlakukan kamu dengan baik dan memberikan dengan perhatian dan berbagai hadiah. Namun, meski terlihat manis, perilaku love bombing alias bom cinta tidak akan lanjut.

3. Selalu ingin tahu keberadaanmu

Mereka tidak segan untuk mencari orang yang bisa menghubungi kamu.

  1. Janji 

Apabila mantan mengatakan sesuatu yang kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan dia melakukan hoovering.  Alasan berpura-pura bahwa mereka memerlukan anda kembali karena dia sedang berada dalam masalah.

  1. Minta maaf yang berlebihan

Mantan bukan enggan untuk meminta maaf tetapi, dia minta maaf karena untuk memenangkan kamu. Dia benar-benar tidak minta maaf.

  1. Memberitahu anda betapa dia sangat sayang

Ungkapan kalimat sayang seperti “Kamu adalah belahan jiwaku. Aku tidak bisa hidup tanpamu. Jawabannya selalu kamu dan akan selalu kamu.” Itu hanya omong kosong ! jangan tergoda coba lihat realita.

  1. Mengancam melukai diri sendiri

Jika mantan melakukannya, itulah salah satu tanda bahwa kamu telah mengalami hoover. Dia memberi ancaman hanya demi melihat responsmu. Ingat, kamu tidak harus bertanggung jawab terhadap perilakunya. Jadi, jika dia terus mengancam, langsung hubungi keluarga mereka atau layanan darurat.

Reporter : Syifa Ayuni Qotrunnada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini