Makan Kangkung Bisa Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sayuran jenis kangkung menjadi makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang nikmat dan cocok diolah dengan bumbu khas nusantara membuat hidangan kangkung banyak dicari.

Dilansir dari Dokter Sehat, kangkung merupakan salah satu sayuran berdaun hijau gelap yang memiliki nutrisi tinggi. Kangkung sangatlah bergizi karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Kangkung juga merupakan sumber serat dan mengandung kalsium dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Sayuran tersebut memang memiliki banyak nutrisi dan manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Namun, meski makanan sehat, kangkung tak luput dari mitos-mitos yang terkadang membuat masyarakat ragu mengonsumsinya.

Salah satu mitos kangkung yang sering beredar dan masih dipertanyakan banyak orang ialah mudah membuat mengantuk. Benar gak sih?

Berdasarkan peneltian, kangkung mengandung berbagai senyawa aktif, seperti kalium dan natrium. Senyawa-senyawa tersebut memang dapat membuat seseorang tenang karena sifatnya yang menekan susunan syaraf pusat. Diduga, zat tersebut yang membuat seseorang merasa ngantuk usai mengonsumsi kangkung.

Selain itu, dilansir dari Research Food Nutrition, kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah yang banyak, yakni 175 mg. Sedangkan, makanan yang tinggi kalium terkenal dapat mengurangi tekanan darah yang membuat orang lebih rileks. Itulah sebabnya beberapa orang merasa ngantuk usai mengonsumsi kangkung.

Namun, mitos kangkung benar-benar bisa membuat seseorang mengantuk saat mengonsumsinya masih belum bisa dipastikan oleh para ahli. Beberapa pakar kesahatan masih menduga-duga kandungan lainnya yang terdapat pada kangkung. Mereka masih perlu memastikan apakah kangkung benar-benar membuat seseorang yang mengonusminya mengantuk.

Meski begitu, kamu bisa simpulkan sendiri gaes melihat dari kandungan dan senyawa yang terdapat pada sayuran hijau tersebut. Jadi, kamu percaya atau tidak kangkung bisa bikin mengantuk?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini