Konsumsi Daun Mint, Bebaskan Anda dari Bau Mulut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Daun mint ternyata memiliki banyak khasiat dan kaya akan polifenol. Daun ini juga memiliki sifat karminatif dan antispasmodik.

Daun Pudina atau daun mint rendah kalori dan mengandung jumlah protein dan lemak yang sangat rendah, serta sejumlah besar Vitamin A, C, dan B-kompleks yang meningkatkan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat nutrisi lain dari daun mint adalah kaya akan zat besi, kalium, dan mangan yang meningkatkan hemoglobin, dan meningkatkan fungsi otak. Melansir Times of India, berikut 10 manfaat kesehatan daun mint yang harus diketahui.

Membantu pencernaan

Mint kaya akan antioksidan, mentol, dan fitonutrien yang membantu enzim mencerna makanan. Minyak esensial dalam mint memiliki efek antibakteri dan antiseptic yang kuat yang dapat menenangkan kram perut dan membantu meredakan keasaman, serta perut kembung.

Mengobati asma

Mengonsumsi secara teratur dapat meredakan sesak dada. Methanol dalam mint bertindak sebagai dekongestan, membantu melonggarkan lender yang terkumpul di paru-paru.

Menyembuhkan sakit kepala

Daunt ini mengandung mentol yang dapat mengendurkan otot dan meredakan nyeri. Mengoleskan daun mint yang sudah dihaluskan kemudian menempelkannya di pelipis dapat meredakan sakit kepala. Selain itu, minyak mint juga efektif untuk menyembuhkan sakit kepala.

Mengurangi stress dan depresi

Salah satu keunggulan utamanya adalah ramuan yang paling banyak digunakan dalam aromaterapi. Aroma mint yang kuat dan menyegarkan dapat meredakan stres serta menyegarkan tubuh plus pikiran.

Aktivitas apoptogenik mint membantu mengatur kadar kortisil dalam darah yang memicu respons alami tubuh untuk meredakan stress. Menghirup minyak esensial daun mint dapat langsung melepaslan serotonin dalam darah yang merupakan neurotransmitter yang terkenal untuk meredakan gejala stress dan depresi.

Menyehatkan kulit

Daun ini memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang membantu mengatasi jerawat pada kulit. Daunnya mengandung asam salisilat dalam jumlah tinggi berfungsi sebagai obat penghilang jerawat dan membersihkan kulit.

Selain itu memiliki sifat antioksidan yang membantu Anda mendapatkan kulit bersih, cerah, awet muda, serta dapat menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Selain itu, daun mint dapat menjaga kelembapan kulit, mengangkat kulit mati, dan mengeluarkan kotoran dari pori-pori. Sehingga kulit wajah Anda bercahaya dan kencang.

Menghilangkan bau mulut

Mengunyah daun mint merupakan cara efektf untuk meningkatkan kebersihan mulut dan kesehatan gigi. Minyak esensial dalam daun mint dapat membantu Anda bernafas segar dan menggunakan obat kumur yang menggandung minyak peppermint dapat membantu Anda membunuh bakteri di mulut dan memberikan Anda kesehatan gusi dan gigi.

Meningkatkan memori

Menurut sebuah penelitian, daun mint dapat meningkatkan daya ingat dan mengembalikan fungsi kognitif otak. Mengonsumsi secara rutin dapat meningkatkan kekuatan otak dan retensi memori, serta fungsi kognitif lainnya.

Menurunkan berat badan

Ramuan daun mint dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Minyak esensial daun mint merangsang enzim pencernaan untuk meningkatkan aliran empedu dan melancarkan pencernaan.

Ini juga membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Ketika tubuh mampu berasimilasi dan menyerap nutrisi dengan baik, maka metabolisme Anda meningkat, sehingga mendorong penurunan berat badan.

Mengobati flu biasa

Jika Anda sedang menderita flu dan sulit bernafas, maka daun ini adalah ramuan yang tepat. Sebagian besar obat gosok dan inhaler mengandung mint. Secara alami membersihkan tenggorokan hidung, bronkus, dan paru-paru yang tersumbat. Selain saluran pernafasan, mint juga dapat meredakan iritasi akibat batuk kronis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini