Kenali Yuk! Begini Jenis-jenis Diabetes yang Wajib Kamu Tahu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyakit diabetes tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah itu masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Tak hanya itu, diabetes pun memiliki beberapa jenis yang bisa menyerang dari berbagai usia, lho! Berikut adalah jenis-jenis diabetes yang perlu kamu ketahui!

1. Diabetes Melitus Tipe 1

dr. Grace Hananta, mengatakan bahwa diabetes jenis ini biasanya terjadi pada masyarakat usia muda dan anak-anak. Hal ini bisa disebabkan dari keturunan dan kegagalan organ pankreasnya.

“Diabetes ini biasanya menyerang anak-anak usia dini, bisa 10-14 tahun. Penyebabnya karena kegagalan organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin, ini terjadi bisa karena faktor keturunan,” kata dr. Grace dalam acara Persembahan Untuk Bunda di Mata Milenial Indonesia TV.

2. Diabetes Melitus Tipe 2

dr. Grace mengatakan, diabates jenis ini biasa di derita oleh masyarakat dengan usia mulai dari 30 tahun. Hal ini bisa disebakan akibat pola hidup yang tak sehat.

“Itu terjadi karena kesalahan dan pola hidup yang tidak sehat dan dijalani dengan jangka waktu yang lama,” kata dr. Grace.

3. Diabetes Gestasional

Terakhir ada diabetes gestasional. Diabates jenis ini umumnya menyerang ibu hamil dan bersifat sementara.

dr. Grace mengatakan diabetes ini terjadi karena pengaruh hormon yang dialami oleh wanita yang tengah mengandung.

“Nanti setelah melahirkan dia akan kembali lagi gula darahnya,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Komsos TNI dengan Komponen Masyarakat, Bersatu dalam Keberagaman Menuju Indonesia Maju

Mata Indonesia, Sleman - Kasiter Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Kav Tri Sugiarto mewakili Danrem 072/Pamungkas hadiri kegiatan Komunikasi sosial (Komsos) TNI dengan Komponen Masyarakat (Kommas) TA. 2024 bertempat di Ballroom Ayodya Hotel Indoluxe, Jalan Palagan Tentara Pelajar No.106, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Selasa, (21/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini