Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Breakout dan Purging

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mencari skincare yang cocok memang tidak mudah tergantung jenis kulit kita. Hal tersebut membuat kita terus mencoba mencari mana yang cocok untuk kulit dan mana yang tidak.

Timbulnya masalah kulit wajah setelah penggunaan skincare apakah itu tanda ketidak cocokan? Atau, ternyata itu adalah sebuah proses perbaikan kulit? Memang terdapat dua kemungkinan kondisi kulit yang bermasalah karena penggunaan skincare, yaitu purging dan breakout.

Menurut Puspita Mayangsari, seorang beauty influencer dalam kanal YouTubenya mengatakan purging adalah kondisi wajah yang bermasalah karena penggunaan skicare. Namun, ini adalah bagian dari proses perbaikan kulit dengan cara mengeluarkan segala masalah kulit terlebih dahulu, setelahnya kulit akan membaik.

Sedangkan breakout adalah kondisi wajah yang bermasalah karena ketidak cocokan dengan kandungan dalam skincare. Kondisi breakout akan terus memburuk jika skincare tersebut tidak dihentikan.

Jika dilihat dari masalah pada kulit wajah, seperti timbulnya jerawat dan komedo tentu kita tidak dapat mengetahui apakah ini kondisi kulit purging atau breakout. Untuk mengetahui apakah kita purging atau breakout, berikut adalah cara membedakannya:

1. Kandungan dalam produk skincare

Produk yang memiliki fungsi mempercepat regenerasi kulit, biasanya mengandung exfoliant seperti AHA, BHA, retino, tretinoin, dan retinoic acid. Kandungan tersebut dapat menimbulkan purging karena kulit dipaksa untuk mengeluarkan kotoran seperti jerawat, komedo dan kulit mati, sehingga menghadirkan kulit yang baru dan sehat. Jika skincare yang digunakan tidak mengandung exfoliant, lalu memunculkan reaksi masalah pada kuli wajah itu breakout bukan purging.

2. Waktu

Proses purging rata-rata maximal 4 minggu, namun jika sudah lebih dari satu bulan itu bisa dikatakan kondisi kulit yang breakout dan harus segera memberhentikan pemakaian skincare tersebut.

3. Lokasi timbulnya masalah kulit wajah

Jika purging, jerawat akan timbul di lokasi yang sering berjerawat, karena area tersebut memang sedang dibersihkan. Namun, jika timbul masalah di lokasi yang tidak pernah bermasalah maka itu adalah breakout.

Perlu diketahui setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, kondisi purging tidak terjadi kepada semua orang, karena pada dasarnya purging adalah proses pembersihan kotoran dalam kulit wajah, jika orang tersebut memang tidak memiliki jerawat maka purging tidak terjad karena tidak ada yang perlu dibersihkan.

Reporter: Nining Meilani

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini