Jangan Lakukan Ini Ketika Perut Lapar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rasa lapar dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan. Anda menjadi rewel, murung, lesu, letih, tidak bergairah, serta tidak ingin melakukan aktivitas apa pun.

Melansir Times of India, ada beberapa hal yang sama sekali tidak boleh Anda lakukan ketika Anda lapar, sebab, saat itu Anda cenderung membuat keputusan yang terburu-buru dan bukan tak mungkin Anda akan menyesal dengan keputusan Anda.

Membuat keputusan sulit

Studi menunjukkan bahwa orang tidak membuat pilihan yang cerdas saat lapar. Menurut para peneliti dari Universitas Utrecht di Belanda, rasa lapar dapat membuat Anda kurang berpikir jernih dan membuat keputusan yang impulsif, yang kemungkinan besar akan Anda sesali nanti. Ini terjadi karena Ghrelin –yang merupakan hormon kelaparan yang dibuat di saluran GI memengaruhi otak dan kemampuan Anda untuk bersikap rasional.

Pergi berbelanja

Jika Anda harus pergi berbelanja, pastikan Anda makan sesuatu jika Anda tidak ingin membuat kantong Anda bolong. Penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk hal-hal yang tidak perlu ketika mereka lapar. Jika Anda pergi berbelanja bahan makanan, Anda mungkin akan membeli banyak karbohidrat dan permen karena Anda akan mendambakan barang-barang ini.

Hindari pertengkaran dengan pasangan Anda

Tidak peduli seberapa marah Anda dengan pasangan Anda, jangan terlibat dalam pertengkaran apa pun karena itu bisa membuat masalah menjadi lebih buruk di antara Anda berdua. Sebaliknya, luangkan waktu sejenak, ambil sesuatu untuk dimakan, dan pikirkan masalah tersebut dua kali sebelum mengatakan apa pun. Ketika lapar, otak kita tidak dapat berpikir jernih dan cenderung mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya kita katakan.

Olahraga

Beberapa orang berpikir bahwa berolahraga dengan perut kosong dapat membantu membakar lemak berlebih, tetapi justru sebaliknya. Berolahraga dengan perut kosong dapat membatasi kinerja Anda dan dapat mengganggu rutinitas olahraga Anda. Selain karena energinya rendah, risiko cedera juga tinggi. Anda perlu mengisi bahan bakar dengan benar sebelum melakukan latihan apa pun untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Makan makanan pedas

Makan makanan pedas dengan perut kosong dapat mengiritasi lapisan perut dan Anda mungkin menderita sakit perut. Penting untuk mengonsumsi makanan bergizi terlebih dahulu untuk menghindari iritasi. Anda harus memulai hari Anda dengan buah-buahan dan kacang-kacangan. Jika Anda penggemar makanan pedas, minumlah di akhir hari. Anda juga harus menghindari minum alkohol saat perut kosong karena alkohol akan lebih cepat menyerang Anda dan Anda akan merasa sangat mabuk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Anggota Komisi X DPR RI Imbau Himbara Tingkatkan Unsur UMKM Lebih Jauh

Mata Indonesia, Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI, Eriko Sotarduga, menyampaikan, perkembangan ekonomi masyarakat Bali pasca COVID-19 memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini