Jangan Asal-asalan! Yuk Simak Tips Sebelum Memperkerjakan ART

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART) menjadi pilihan bagi mereka yang disibukan dengan pekerjaan. Kehadiran ART sangat membantu untuk meringankan pekerjaan rumah yang mungkin tak bisa ditangani dengan baik.

Makanya tak heran jika jasa ART sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang, terutama oleh mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa atau mempekerjakan ART di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut lima hal yang harus diperhatikan dalam memilih ART.

  1. Pekerja independen vs penyalur

Sering kali kita mendengar jasa penyalur ART untuk mengantarkan mereka kepada pekerjaannya. Meski berasal dari sebuah naungan, kita tetap perlu menyanyakan identitas calon ART dengan jelas kepada pihak penyalur.

Begitu juga jika hendak memperkerjakan ART yang independen alias bekerja sendiri. Tak ada salahnya untuk menanyakan asal-usul dan kejelasan identitas agar lebih yakin dan aman memperkerjakan calon ART tersebut.

2. Temukan referensi

Tempat terbaik untuk mulai mencari ART adalah bertanya kepada keluarga dan teman. Apakah mereka memiliki kenalan untuk ART. Akan lebih baik mendapatkan seorang ART yang dikenal oleh seseorang yang kamu kenal demi menghindari hal yang tak diinginkan.

3. Wawancara kandidat

Luangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan dan pastikan kamu benar-benar teliti dalam wawancara. Ajukan pertanyaan tentang apa yang disukai ART dari pekerjaan mereka dan mengapa memilih pekerjaan tersebut.

Periksa pula referensi, riwayat pekerjaan, dan riwayat kriminal. Pastikan ART memiliki rekam jejak yang baik.

4. Tentukan biaya tetap 

Saat mempekerjakan ART, putuskan apakah kamu akan membayarnya secara bulanan atau per jam. Hal ini perlu diperjelas meski ART atau perusahaan penyalur memiliki kebijakan tersendiri yang tidak dapat dinegosiasikan.

Jika membayar per jam, banyak orang khawatir ART akan meregangkan pekerjaan untuk mengambil lebih banyak waktu. Namun, membayar secara bulan bisa membuat ART terburu-buru menyelesaikan pekerjaan mereka. Diskusikan pilihan dengan calon ART pilihanmu.

5. Tentukan tugas

Tugas pembersihan rumah meliputi menyapu, mengepel, menggosok kamar mandi serta kloset, dan sebagainya. Namun, kamu harus menegosiasikan tugas tambahan apa pun seperti membersihkan kulkas atau oven. Beberapa ART mungkin membatasi tugas-tugas tertentu yang cukup berisiko dengan keselamatannya.

6. Buat aturan yang jelas

Kamu harus memiliki aturan jelas tentang apa yang dikerjakan dan tidak dilakukan ART di rumah. Pertimbangkan membuat daftar tugas apa yang akan dilakukan. Menegosiasikan hal-hal ini sebelum ART mulai bekerja akan sangat membantu. Kamu mungkin juga ingin memberikan tugas tambahan dari rutinitas pembersihan yang biasa dilakukan.

Reporter : Nabila Kuntum Khaira Umma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini