Jangan Anggap Remeh! Inilah Pentingnya Family Time di Akhir Pekan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhir pekan memang menjadi waktu yang selalu ditunggu-tunggu hampir semua orang. Hal itu karena mereka dapat melepas penat dari pekerjaan.

Biasanya, mereka akan menghabiskan waktu luang untuk sekedar berkumpul, melakukan hobi, atau hanya bersantai di rumah menikmati akhir pekan.

Alangkah baiknya akhir pekan dihabiskan dengan melakukan family time alias kumpul bareng keluargaAda banyak kegiatan di rumah yang bisa kamu lakukan bersama anggota keluarga, seperti memasak, membaca buku, bercocok tanam di halaman rumah, atau menonton film bersama.

Selain seru, family time memiliki banyak manfaat baik itu untukorang tua maupun untuk anak-anak, lho! Berikut adalah manfaat menghabiskan akhir pekan dengan family time.

1. Melepas penat

Percaya atau tidak, family time bisa menjadi waktuuntuk melepas kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Pada momen ini, kamu bisa tertawa lepas dengan pasanganserta anak-anak. Hal ini dapat mengurangi stres yang kamu dapat dari beban pekerjaan di kantor.

2. Meningkatkan keharmonisan

Kesibukan pekerjaan terbukti dapat mengurangi waktu bersama pasangan atau keluarga. Sibuknya orang tuadapat mengurangi kadar komunikasi dengan anak. Hubungan orang tua yang harmonis dapat membangun hubungan yang harmonis juga di antara anak-anak.

Family time bisa menjadi kesempatan untukmeluangkan waktu dengan pasangan atau keluarga agar hubungan tetap harmonis.

3. Tempat mengutarakan perasaan

Hal ini dapat berguna bagi anak ataupun orang tua. Kesibukan orang tua di hari kerja terkadang membuatanak tidak bisa menceritakan hari-hari mereka kepadaorang tuanya.

Apalagi, anak akan terus tumbuh dan berkembang, sangat perlu komunikasi dan peran orang tua dalam pertumbuhannya. Family time bisa menjadi tempat bagi anak untuk membuka diri dan mengutarakan perasaannya, keluhkesah, ataupun menanyakan hal-hal yang ia tidak mengerti.

Orang tua juga perlu bersikap terbuka agar anak tidak merasa sungkan untuk mengutarakan perasaannya.

4. Membuat anak merasa dikasihi

Ketika orang tua meluangkan waktunya untuk bermain bersama anak, mereka akan merasa dicintai, disayang, dan mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Menanyakan bagaimana sekolah si anak dapatmembuat anak merasa dihargai dan diperhatikan.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat melakukan kegiatan bersama keluarga dapat membantu mengurangi depresi, kecemasan, atau gangguan  mental lainnya secara signifikan. Sebab, berkumpul dengan orang terkasih mampu menciptakan dukungan emosional yang kuat.

Itulah 5 manfaat yang bisa kalian dapatkan jika kalian menghabiskan waktu akhir pekan kalian dengan family time. Meskipun terdengar sepele, namun banyak halpenting yang akan didapatkan, loh!

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini