Jagung Rebus, Makanan Ringan tapi Kaya Manfaat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jagung adalah salah satu jenis biji-bijian yang memiliki beragam manfaat. Jagung merupakan bahan yang kaya akan nutrisi dan gizi. Jagung mudah didapatkan dengan harga cukup terjangkau.

Jagung dapat diolah menjadi berbagai olahannya salah satunya dengan cara direbus. Jagung rebus bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan yang dimilikinya.

Jagung adalah salah satu makanan bebas gluten alami dan dapat dikonsumsi oleh orang yang menghindari gluten. Kandungan serat, asam folat, vitamin C, vitamin B, karbohidrat, kalium, protein, zat cryptoxanthin, bahkan terdapat antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.

Jagung juga digunakan sebagai makanan pokok karena kandungan karbohidrat di dalamnya dapat memberikan energi bagi tubuh.

Berdasarkan kandungan nutrisinya, berikut adalah manfaat jagung yang akan didapatkan manfaatnya bagi tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata
    Jagung kaya dengan vitamin, yaitu vitamin C dan vitamin B. Vitamin C bermanfaat untuk perbaikan sel, meningkatkan kekebalan tubuh dan sifat anti penuaan. Sementara itu, vitamin B dapat membantu pengolahan energi di dalam tubuh.

Jagung juga mengandung karotenoid dikenal baik untuk sistem imun juga dapat menjadi vitamin yang penting bagi kesehan mata. Tingginya karotenoid dalam darah ini sangat berkaitan dengan menurunkan risiko dari penyakit katarak.

  1. Mengandung Gula yang Baik Bagi Kesehatan
    Karbohidrat yang terkandung dalam jagung adalah jenis karbohidrat yang kompleks. Adapun kandungan serat dan protein di dalamnya. Kombinasi ketiga nutrisi ini membuat jagung lambat dicerna oleh tubuh.

Ketiga nutrisi ini juga dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, alasannya karena serta memperlambat kecepatan tubuh memecah karbohidrat yang akan dilepaskan ke dalam darah.

  1. Melindungi Diri dari Penyakit Jantung
    Kandungan antioksidan bermanfaat bagi kesehatan jantung karena mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Ada penelitian yang dilakukan oleh Food Science and Human Wellness menyebutkan bahwa jagung menurunkan risiko penyakit jantung.
    Penyakit jantung dan hipertensi itu berkaitan satu sama lain.

Alasannya adalah hipertensi salah faktor yang menyebabkan penyakit jantung. Tekanan darah tinggi dapat mempersulit kinerja jantung sehingga apabila dibiarkan dalam jangka panjang akan menimbulkan masalah serius pada jantung.

  1. Mengurangi Risiko Anemia
    Jagung kaya akan vitamin, salah satunya adalah vitamin B12. Selain itu asam folat dan zat besi yang membuat produksi sel darah merah dalam tubuh. Artinya dengan mengkonsumsi jagung dapat mengurangi risiko anemia.
  2. Membantu Menaikkan Berat Badan
    Jika kamu sedang proses menaikkan berat badan, cobalah masukkan jagung rebus sebagai daftar menu makanan sehari-hari. Jagung mengandung kalori yang cukup tinggi, dengan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan berat badan sehat.

(Shafira Annisa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini