Home Gaya Hidup Intip Perjalanan Karier Nenek Nasional Korea, Kim Young OK

Intip Perjalanan Karier Nenek Nasional Korea, Kim Young OK

0
465

MATA INDONESIA, JAKARTA – Episode terakhir drama korea terlaris, “Hometown Cha-Cha-Cha” menayangkan berbagai momen menyedihkan. Salah satunya adalah nenek Kim Gam Ri (Kim Young Ok) yang meninggal dengan tenang setelah tidur bersama kedua sahabatnya, Lee Mat Yi (Lee Yong Lee) dan Park Sook Ja (Shin Shin Ae).  Ketiga orang tua itu berbincang-bincang tentang kebahagiaan.

Kim Gam Ri mengatakan jika dirinya sudah bahagia dalam hidupnya. Ia ingin pergi piknik lagi dengan kedua sahabatnya tersebut. Ketiganya kemudian tertidur hingga pagi menjelang. Lee Mat Yi bangun terlebih dahulu dan mengomel karena Park Sook Ja menganggu tidurnya.

Ketika hendak membangunkan Kim Gam Ri, ia akhirnya menyadari jika sahabatnya itu sudah meninggal. “Kau bilang ingin pergi piknik. Kenapa kau begitu tidak sabar? Tidurlah yang nyenyak. Pergilah piknik duluan. Setelah itu, tunggulah aku,” ujar Lee Mat Yi.

Karakter Kim Gam Ri yang diperankan aktris senior Korea Selatan, Kim Young Ok mencuri perhatian. Rasa sayangnya kepada Duh Sik, membuat Kim Young Ok menjadi sosok teladan seorang nenek di Korea termasuk Indonesia.

Sifat mandirinya yang tak mau tergantung sama anak dan cucu membuat Kim Young OK menjadi figur yang paling disorot diantara berbagai karakter dalam drama ringan dan sederhana ini.

Kim Young Ok  yang lahir 5 Desember 1937 ini dikenal sebagai aktris lama. Ia memulai kariernya pada 1957 dalam film Farewell Sorrow.

Lewat kesuksesan film pertamanya itu, ia pun mulai mendapatkan berbagai tawaran berbagai judul film dan drama. Bahkan pada 1978, Kim Young Ok aktif dalam pengisi suara yang mulai mucnul dalam drama I Sell Happiness. Kepiawannya itu membuat ia mendapakan Daesang (Penghargaan Tertinggi) dalam acara Baeksang Arts Award 1979.

Keterampilan Kim Young Ok dalam drama maupun film membuatnya diakui berkali-kali dalam perjalanan kariernya. Pada 1976 Kim Young Ok mendapatkan Penghargaan Seni Baeksang ke-15 dalam film Robot Taekwondo V yang menjadikan Kim Young Ok sukses dalam pembawaan perannya.

Kemudian Kim Young Ok memenangkan penghargaan keunggulan terbaik di penghargaan Drana KBS pada 1993. Tak sampai situ saja penghargaaan yang didapatkan Kim Young Ok, pada 2018 ia juga mengdapatkan penghargaan Prestasi Seumur Hidup di pengharrgaan Drama Korea ke-11.

Kepiawannya dalam memainkan peran juga membuat Kim Young Ok mendapat julukan sebagai “Nenek Nasional Korea”. Beberapa drama yang diperankannya berkarakter seorang ibu, pembantu, hingga seorang ibu mertua.

Beberapa drama yang diperankan Kim Young Ok serta perannya meliputi:

  1. Drama Boys Over Flowers, berperan sebagai pelayan di rumah Gu Jun Pyo
  2. Drama Reply 1988, berperan sebagai Nenek dari Deok Sun
  3. Drama Shopaholic Louis, berperan sebagai Direktur Utama Gold Group
  4. Drama The Most Beautiful, berperan sebagai seorang Nenek
  5. Drama King: Entaernal Monarch, berperan sebagai kepala pelayan Kingdom of Corea
  6. Drama Her Private Life, berperan sebagai Nenek Deok Mi
  7. Drama Love Alarm, berperan sebagai Nenek Jojo
  8. Drama Mouse, berperan sebagai Nenek Bong Yi
  9. Drama Squid Game, berperan sebagai Ibu Seong Gi Hun
  10. Drama Hometown Chachacha, berperan sebagai Kim Gam Ri

Walaupun di usia yang sudah tak muda lagi yaitu 84 tahun, namun kepiawaian akting Kim Young Ok tak bisa diragukan bahkan pada 2016 ia pernah menyanyikan sebuah lagu ngerap dan DJ bersama Joohoen MONSTA X.

Reporter : Indah Suci Raudlah

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here