Ini Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Menjalankan Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penting bagi setiap orang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan khususnya soal gula darah dan lemak darah sebelum menjalankan puasa. Dokter spesialis penyakit dalam Imelda Maria Loho menegaskan bahwa pemeriksaan gula darah yang bisa didahulukan, terutama jika orang tersebut sudah setahun tidak melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Yang prioritas adalah gula darah karena bila ada diabetes sebelumnya atau yang sebelumnya tidak terdeteksi bisa dilakukan penanganan. Dikhawatirkan nanti gula darahnya bisa terlalu drop atau terlalu tinggi usai puasa,” kata Imelda, Sabtu 10 April 2021.

Sementara pemeriksaan lemak darah atau kolestrol juga wajib menjadi prioriras. Tujuannya untuk mengetahui kadar kolestrol tinggi atau tidak.

Namun, satu hal yang menjadi persoalan yaitu saat momen berbuka puasa. Sebagian orang cenderung mengonsumsi makanan tanpa menelaah nilai gizi seimbang, akhirnya kadar kolesterol meningkat.

“Kalau hasil pemeriksaan profil lipid-nya tinggi, dia harus menjaga makanannya saat sahur dan buka jadi sudah ada penanganan,” kata Imelda.

Adapun pemeriksaan kesehatan ini merupakan langkah yang penting supaya puasa benar-benar memberikan menfaat maksimal bagi kesehatan.

Maka, pemeriksaan kesehatan diimbau tidak hanya dilakukan menjelang bulan Ramadan saja. Hal ini sebaiknya tetap dilakukan secara berkala.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Perjuangan Rakyat Gelar Aksi Demo Peringati Hari Buruh di Kota Kupang

Minews.id, Kupang - Dalam rangka memperingati hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei 2024, Aliansi Perjuangan Rakyat (Aparat)...
- Advertisement -

Baca berita yang ini