Ini Deretan Manfaat Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mungkin masih banyak dari kalangan ibu hamil yang takut untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Padahal pemberian vaksinasi tersebut memberikan banyak manfaat untuk sang ibu dan bayi yang dikandung.

Merujuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Breastfeeding Medicine, perempuan hamil yang menerima vaksin dosis pertama dan kedua mampu meningkatkan antibodi virus covid-19 yang ada dalam ASI-nya. Bahkan, setelah para ibu divaksinasi sepenuhnya, ada peningkatan sekitar 100 kali lipat dari tingkat antibodi virus covid-19 ibu hamil.

Kebutuhan vaksinasi untuk ibu hamil bisa dikategorikan mendesak, karena jika ibu hamil terinfeksi covid-19, maka mereka akan berada pada risiko penyakit serius yang jauh lebih besar.

Apalagi saat bayi baru lahir, mereka memiliki sistem yang relatif belum matang dan baru akan berkembang seiring berjalannya waktu. maka, perlindungan utama yang diterima bayi berasal dari ibunya. Jika sang ibu memproduksi antibodi yang ada dalam ASI, ada potensi perlindungan yang harus ditransfer ibu ke bayinya. Hal tersebut sangat penting, mengingat saat ini bayi belum bisa divaksinasi.

Para ahli berharap penelitian yang berkembang menunjukkan manfaat vaksinasi bagi perempuan dan bayi mereka, sehingga bisa menyakinkan mereka untuk mendapatkan vaksin covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini