Ini 8 Cara Gampang Normalkan Tekanan Darah

Baca Juga

MINEWS.ID – Jika sering mengalami sakit kepala, kelelahan, detak jantung tidak teratur maupun nyeri dada, mungkin kamu sedang mengalami tekanan darah yang tinggi.

Kondisi itu pada umumnya memang bisa disebabkan oleh stres, kurang tidur, obesitas atau penyakit tertentu. Namun orang yang sehat pun bisa mengalaminya.

Untungnya ada beberapa teknik sederhana yang bisa membantu membuat tekanan darah kita menjadi relax dan tetap mudah dikendalikan.

Menurut catatan laman Bright Side, setidaknya ada delapan cara untuk mengurangi tekanan darah dengan cepat tanpa bantuan tindakan medis apa pun.

1.Pijat Telinga dan Leher Kamu.

Semua ilustrasi brightside.me

Ada tiga titik di kepala dan leher kamu yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam beberapa menit saja.

Temukan titik pertama di belakang lobang telinga dan buatlah garis imaginer ke arah pusat dari tulang leher kamu. Di situ kamu akan menemukan titik kedua.

Gunakan jari untuk melakukan pijatan lembut di leher kamu dengan gerakan naik-turun. Ulangi 10 kali di setiap sisi leher.

Titik ketiga terletak setengah sentimeter dari telinga kamu. Pijat lah di masing-masing sisi dengan jari telunjuk sekitar satu menit dengan gerakan berlawanan arah jarum jam.

Memijat area ini akan melepas ketegangan otot-otot leher dan memulihkan aliran darah ke otak kamu.

2.Cobalah Akupresur

GB 20 , atau Wind Pool, adalah salah satu titik akupresur paling efektif untuk perawatan tekanan darah tinggi. Kamu dapat menemukan titik-titik ini tepat di pangkal tengkorak Anda, di bagian menurun pada kedua sisi tulang belakang.

Gerakan tangan kamu secara bersamaan dengan ibu jari membuat tekanan. Dalam satu atau dua menit, kamu akan merasa lebih baik.

3.Bernafas Melalui Lubang Hidung Kiri

Pernafasan perut melalui lubang hidung sebelah kiri akan membantu mengontrol tingkat tekanan darah kamu dengan merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi hormon stres .

Cara melakukannya:

  • Duduklah di lantai atau di kursi dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus.
  • Letakkan tangan kiri di perut.
  • Tutup lubang hidung kanan Anda dengan ibu jari kanan Anda.
  • Ambil napas dalam-dalam melalui lubang hidung kiri, tahan selama beberapa detik, lalu bernapas.
  • Bernapaslah perlahan dan dalam hanya melalui lubang hidung kiri selama sekitar 3-5 menit.

4.Cobalah Pernafasan Desisan Lebah

Bhramari pranayama atau desis pernapasan lebah akan membantu kamu langsung menenangkan pikiran dan menyingkirkan sakit kepala serta migrain yang berhubungan dengan hipertensi .

Cara melakukannya :

  • Duduklah di lantai dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus.
  • Tempatkan jari telunjuk Anda di tulang rawan kedua telinga.
  • Ambil napas dalam-dalam.
  • Saat Anda mengeluarkan napas, buatlah bunyi berdengung, seperti seekor lebah, dan berikan tekanan ringan pada tulang rawan telinga Anda secara bersamaan.
  • Ulangi latihan ini 7-10 kali.

5.Mendengarkan Musik Klasik

Ternyata mendengarkan musik yang menenangkan seperti musik klasik, Celtic, atau India dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah kamu.

Apalagi jika digabungkan dengan latihan pernapasan atau meditasi. Jenis musik itu menghasilkan efek menenangkan pada tubuh kamu dan mengurangi hormon stres yaitu kortisol.

Para peneliti percaya bahwa musik yang bisa membantu mengurangi tekanan darah manusia biasanya volume atau ritmenya hanya berubah sedikit. Selain itu tidak memiliki lirik dan memiliki bagian yang diulang pada interval tertentu.

6.Minum Air Putih

Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi disebabkan oleh dehidrasi. Saat kamu mengalaminya volume darah di dalam tubuh akan berkurang dan resistensi periferi kamu sebaliknya meningkat.

Untuk menghindari kondisi ini, setiap kamu merasa ada simptom hipertensi, cobalah minum satu atau dua gelas air putih murni.

Cara itu akan membantu kamu memulihkan volume darah dalam tubuh yang cukup. Selain itu akan mengurangi tekanan darah.

7.Santai Gaya Savasana

Savasana atau pose mayat dapat membantu mengurangi detak jantung kamu dan secara signifikan menurunkan tekanan darah. Berbaringlah telentang, tutup mata, dan coba kendorkan setiap otot tubuh kamu.

Beristirahatlah dalam pose ini selama sekitar 10-15 menit dan kamu akan merasa jauh lebih baik pada akhirnya. Selain mendapatkan tekanan darah kembali normal, cara itu juga akan membantu menyeimbangkan sistem saraf kamu.

8.Rendam Kaki di Air Panas

Merendam kaki kamu di air panas yang tidak melukai bisa membantu kepala dan leher kamu tetap santai dan mencegah aliran darah yang cepat ke otak.

Caranya sederhana saja, isi baskom dengan air panas. Lalu duduklah di kursi dan letakkan kaki kamu di air tersebut selama10-15 menit.

Darah dari kepala kamu akan bergerak ke arah kaki dan tekanan darah perlahan-lahan akan kembali normal.

Berita Terbaru

Wujudkan Women Support Women, Bupati Sleman Launching Aksi Putaran Sumringah

SLEMAN – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meresmikan Aksi Perubahan Pusat Pembelajaran Perempuan Semua Merasa Riang Menggapai Harapan (Putaran...
- Advertisement -

Baca berita yang ini