Ini 7 Menu Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Bagi penderita diabetes, mengonsumsi makanan tidak boleh sembarangan, harus pandai dalam memilih makanan.  Jika mereka sampai memilih makanan yang tidak tepat, bisa jadi hal ini akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang bisa membahayakan kondisinya.

Penderita diabetes tidak boleh meninggalkan waktu sarapan. Jika mereka tidak makan, maka tubuh akan mengalami kekacauan gula darah dan justru membuat mereka lebih rentan terkena komplikasi.

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes saat sarapan pagi.

1. Produk susu yang rendah lemak

Susu dikenal luas sebagai salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sarapan. Penderita diabetes juga boleh mengonsumsinya, meskipun tentu saja mereka harus cermat dalam memilih susu yang tepat. Susu rendah lemak atau yoghurt bisa dijadikan pilihan yang tepat karena rendah kalori dan aman bagi kondisi kesehatan mereka.

2. Sereal yang terbuat dari gandum utuh

Sereal gandum utuh sering dianggap sebagai makanan yang cocok untuk program penurunan berat badan atau bagi mereka yang sedang ingin menurunkan kadar kolesterol. Padahal, bahan makanan ini juga cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hanya saja, pastikan untuk memilih sereal yang tidak memiliki kandungan gula atau minimal rendah gula.

3. Buah-buahan utuh

Alih-alih mengonsumsi jus buah yang bisa menyebabkan kenaikan gula darah dengan cepat, pakar kesehatan lebih menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi buah-buahan utuh. Hal ini disebabkan oleh kondisi serat asli yang belum rusak akibat proses pembuatan menjadi jus.

4. Omelet sayur

Jika mengonsumsi seporsi omelet sayur, maka kita bisa mendapatkan 6 gram protein dan berbagai nutrisi sehat dari sayuran seperti vitamin, mineral, dan serat. Berbagai nutrisi ini tentu sangat baik bagi penderita diabetes.

5. Telur dan roti panggang

Roti gandum yang dipanggang dan dipadukan dengan telur orak-arik bisa dijadikan menu sarapan yang cocok bagi penderita diabetes. Jika ingin menambah rasa, kita juga bisa menambahkan selai bebas gula. Selain telur orak-arik, telur rebus juga bisa dijadikan pilihan yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Kacang almond

Jika penderita diabetes tidak terbiasa untuk mengonsumsi makanan berat saat sarapan, mereka bisa mengonsumsi segenggam kacang almond yang kaya serat dan lemak sehat yang bisa membantu mengenyangkan perut dalam waktu yang lama. Hanya saja, demi menambahkan asupan serat, mereka bisa menambahkan buah segar seperti apel dan jeruk atau sayuran.

7. Kebab sayur

Kebab atau burrito yang diisi dengan sayur juga bisa menjadi pilihan yang cocok bagi penderita diabetes. Apalagi jika kita menggunakan tortilla yang terbuat dari bahan gandum. Selain sayuran, kita juga bisa menambahkan bahan-bahan sehat seperti bawang, telur, paprika hijau, atau bahkan keju tanpa lemak

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini