Ini 5 Manfaat Olahraga Jalan Kaki yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jalan kaki menjadi olahraga yang ringan namun mampu menghasilkan keringat. Mengutip dari Mayo Clinic, olahraga ini juga memerlukan postur tubuh yang baik dan gerakan yang terarah. Mata lurus ke depan, kepala tidak menunduk, leher, bahu dan punggung rileks.

Apabila posturnya sudah tepat maka manfaat dari berjalan kaki bisa maksimal. Terdapat 5 diantaranya, yaitu pertama dengan menjaga berat badan. Menurut penulis The Doctor on Demand Diet, Melina B. Jampolis, jalan kaki secara teratur tanpa sadar membuat lingkar pinggang semakin kecil. Hal ini dinilai bisa membantu meningkatkan respons tubuh terhadap insulin.

Sementara itu, pelatih jalan kaki, Michael Stanten mengemukakan bahwa perlu memberikan interval saat melakukan olahraga ringan ini. Hal tersebut dinilai bisa meningkatkan ‘after burn’ atau kalori yang terbakar setelah melakukannya hingga selesai.

Ia menyarankan agar pemanasan juga dilakukan 3 menit lalu menghabiskan 25 menit untuk bergantian melakukan olahraga ringan ini dengan kecepatan sedang selama 1 menit dan jalan kaki cepat selama 1 menit.

Kedua, menurut American Diabetes Association, jalan kaki dinilai bisa menurunkan kadar gula darah.Tidak hanya itu, peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee juga menemukan bahwa jalan kaki teratur bisa menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko stroke.

Ketiga, olahraga ini bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Ahli terapi fisik, Tara Alaichamy dari Cancer Treatment Centers of America mengatakan bahwa jalan kaki dengan teratur bisa meningkatkan pergerakan usus.

Keempat, mengutip dari Healthline, jalan kaki selama 15 menit selama tiga kali sehari khususnya setelah sarapan, makan siang, dan makan malam dinilai bisa menurunkan kadar gula darah lebih banyak dari pada melakukannya selama 45 menit pada titik lain di siang hari.

Terakhir, olahraga ringan ini bisa mengurangi nyeri sendi, termasuk pada lutut dan pinggul. Olahraga ringan tersebut bisa membantu lubrikasi dan menguatkan otot yang menyokong sendi sehingga disarankan bagi pengidap arthritis atau radang sendi.

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini