Ingin Kaya di Usia Muda? Bisa Ikuti Panduan Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjadi kaya tidak melalui proses yang instan melainkan membtuhkan proses. Hal ini bisa terwujud asalkan terus bekerja keras. Terdapat beberapa cara yang bisa menjadi panduan agar keinginan menjadi kaya terutama di usia muda dapat terwujud.

Pertama yaitu mengelola penghasilan dengan baik. Mengatur keuangan yang paling mudah adalah dengan prinsip 40-30-20-10. 40 persen penghasilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari0hari, seperti makanan minuman, membayar sewa rumah, tagihan listrik dan air.

30 persen bisa dialokasikan untuk melunasi hutang seperti kredit pinjaman online atau lainnya. Bila tidak ada, bisa dimasukkan ke dana darurat. 20 persen untuk investasi dan 10 persen untuk beramal.

Kedua yaitu dengan mengurangi belanja impulsif. Sebaiknya uang ditabung dan lebih memprioritaskan belanja sesuai dengan kebutuhan. Mengingat, menghabiskan uang untuk belanja barang yang tidak dibutuhkan justru akan mubazir.

Ketiga yaitu mengurangi kebiasaan nongkrong. Aktivitas ini akan membuat semakin banyak pengeluaran. Terlebih harga makanan dan minumannya tentu tidak murah. Jika paling minum Rp 20 ribu untuk minuman dan makanan Rp 30 ribu, maka sekali nongkrong bisa menghabiskan Rp 50 ribu. Maka dalam sebulan total pengeluaran Rp 200 ribu.

Keempat yaitu jangan hanya fokus untuk menabung. Pilihan untuk investasi juga bisa menjanjikan. Jika hanya menabung, uang bisa berkurang karena digerus inflasi. Sementara investasi membuka peluang memperoleh keuntungan yang lebih besar, mengalahkan laju inflasi.

Terakhir, yaitu dengan cara menambah penghasilan tambahan. Bisa dengan mencari pekerjaan sampingan seperti berbisnis jualan online hingga menyewakan aset atau hal lainnya.

Melihat hal ini, semua orang bisa menjadi kaya asalkan mampu mengatur keuangan dengan cerdas. Bahkan tidak menutup kemungkinan di usia muda sudah bisa menjadi kaya.

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini