Ingat Ya! Nonton Serial TV Bagus saat Isoman atau di Rumah Aja, tapi Jangan Berlebihan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di saat penerapan PPKM Level 4 atau seseorang menjalani isolasi mandiri, menonton serial televisi adalah salah satu kegiatan mengusir rasa bosan. Tapi, jangan berlebihan juga ya.

Menonton serial TV tidak melulu buruk. Menonton serial bisa menaikkan imun tubuh dan menjauhkan dari pikiran negatif bagi pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri. Kebiasaan ini juga sering dilakukan saat pemerintah meminta masyarakat di rumah aja saat pandemi Covid-19.

Kebiasaan ini bisa menjadi masalah bila sudah mengganggu pekerjaan atau malah membuat Anda semakin terisolasi. Berikut tips agar tak berlebihan menonton serial televisi:

  1. Menentukan batasan
    Supaya Anda tidak kehilangan manfaat menonton serial TV, tentukan berapa episode yang akan Anda tonton atau pada pukul berapa Anda harus berhenti. Jika rasanya sulit, coba pasang pengatur waktu agar TV mati dengan sendirinya.
  2. Beristirahat selama lima menit
    Otak akan berjalan secara otomatis ketika Anda melihat layar. Ini yang membuat Anda tidak sadar sudah maraton serial TV selama berjam-jam. Cobalah beristirahat selama lima menit untuk minum atau ke kamar mandi untuk mengendalikan kebiasaan ini.
  3. Menonton dengan memusatkan perhatian
    Cobalah untuk fokus dengan apa yang Anda tonton. Jika Anda mengantuk atau malah sibuk bermain ponsel, mungkin Anda sebenarnya tidak sedang ingin menonton. Anda dapat melakukan hal lain yang lebih menyenangkan, misalnya menelepon teman.
  4. Tidak menonton sebelum tidur
    Alih-alih memberi manfaat, menonton TV sebelum tidur pada malam hari malah akan mengganggu siklus tidur. Oleh sebab itu, coba batasi waktu menonton Anda dan jangan menonton ketika sudah dekat waktu tidur.
  5. Tidak mengabaikan hal lain yang lebih penting
    Sebelum menonton, lihat kembali apakah Anda sudah menyelesaikan semua pekerjaan pada hari itu. Bila Anda terus mengabaikan hal lain yang lebih penting untuk menonton serial TV, ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan ini.

Selama beberapa bulan terakhir, pandemi COVID-19 membuat banyak orang berdiam di rumah tanpa banyak menjalin koneksi. Menonton serial TV jadi salah satu kegiatan selama karantina yang akhirnya dipilih banyak orang.

Tanpa diduga, menonton serial TV ternyata punya manfaat membantu mempererat koneksi sosial Anda dengan dunia luar. Manfaat ini bisa Anda dapatkan selama Anda menonton TV sesuai porsinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini