Harga Telur Meroket, Simak Tips Bijak Konsumsi Telur Agar Hemat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Harga telur ayam mulai merangkak naik dalam beberapa hari belakangan ini. Sedangkan, telur menjadi salah satu makanan sehari-hari yang banyak dikonsumsi orang.

Selain mudah diolah, telur ayam merupakan makanan sumber protein dan nutrisi yang terjangkau. Diketahui harga telur ayam ras secara nasional naik 0,35 persen menjadi Rp 28.600 per kg pada 31 Mei 2022, dikutip dari laman kemendag.

Tentu tak sedikit masyarakat yang mengeluh tentang lonjakan harga telur ini. Namun tak perlu khawatir, untuk tetap mencukupi kebutuhan pokok dengan penggunaan telur saat harga naik, kamu bisa ikuti 4 tips bijak di bawah ini.

  1. Masak Mode Irit

Dengan masak telur rebus sebagai sarapan, ternyata dapat membuat perut lebih cepat merasa kenyang. Telur rebus kupas yang utuh, dapat disajikan dengan dibelah menjadi dua bagian. Tentunya jika sudah merasa kenyang, maka bagian lain bisa kamu simpan untuk dimakan siang hari.

Selain telur rebus, kamu bisa olah dengan membuat telur orak-arik. Selain praktis, telur orak-arik yang dicampur sosis dan sayuran bisa dihidangkan untuk santapan keluarga.

  1. Campur dengan Lauk Lain

Memasak telur ayam bisa dikombinasikan dengan berbagai lauk lain agar terlihat lebih banyak. Kamu bisa campurkan telur dengan sarden, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan ikan.

  1. Kurangi Konsumsi Makan Telur

Umumnya telur boleh dimakan sebanyak enam kali dalam seminggu. Tapi dengan naiknya harga telur saat ini, kamu bisa kurangi konsumsi telur sebagai makanan pokok.

Terlalu sering makan telur juga berdampak kurang baik bagi tubuh. Karena telur bisa meningkatkan kolesterol, risiko diabetes, menyebabkan jerawat, dan membuat berat badan semakin naik.

  1. Konsumsi Bahan Makanan Pengganti Telur

Memang telur dianggap sebagai sumber protein dan gizi tinggi yang diperlukan tubuh. Tapi jika harga telur naik, alternatif bahan makanan pengganti telur yang dapat dikonsumsi ialah ikan, biji gandum, tofu, dan olahan susu.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini