Gorengan ala Jepang, Korea, dan India

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gorengan merupakan makanan yang disukai banyak orang, karena teksturnya yang renyah dan cara pembuatan nya yang terbilang mudah. Di Indonesia sendiri gorengan memiliki banyak macam dan tiap tiap daerah memiliki nama khas tersendiri untuk menyebutnya.

Bukan hanya terkenal di Indonesia, beberapa negara berikut juga memiliki gorengan khas nya masing-masing.

1. Jepang

Bagi yang gemar berkunjung ke restoran Jepang, pasti tidak asing lagi dengan gorengan khas negara tersebut. Gorengan khas Jepang antara lain adalah katsu, tempura, ebi furai, ekkado, karage, chicken egg roll, dan kakiage.

Kebanyakan dari gorengan khas jepang adalah olahan daging atau seafod yang diberi tepung roti maupun tepung terigu. Tetapi ada beberapa yang merupakan sayuran yang diberi tepung atau disebut tempura. Gorengan tersebut juga banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia loh.

2. Korea

Sama seperti di Indonesia, korea juga terkenal dengan jajanan pinggir jalan nya atau yang sering disebut sebagai street food. Beberapa jajanan di antaranya adalah twigim, yaitu tempura ala korea.

Kemudian hotteok, pancake ala korea namun cara mengolahnya dengan digoreng, dan dubu genjeong, yaitu tahu yang di goreng dengan crispy kemudian diberi bumbu khas korea.

3. India

Masakan India dikenal dengan bumbu rempah nya yang berlimpah dan kaya akan rasa. India tidak hanya dikenal dengan makanan berat nya.

Tetapi ada juga cemilan gorengan khas India yang menggugah selera. Diantaranya, samosa, yaitu cemilan berbentuk segitiga ini dibuat dari kulit samosa yang diisi dengan cacahan kentang, bawang, kacang, daging ayam atau daging kambing. Kemudian, daging tersebut dibumbui dengan bumbu kare kemudian digoreng.

Lalu ada Pakora, yaitu hampir mirip dengan bakwan dari Indonesia. Pakora terbuat dari bawang, terung, cabai, dan kembang kol yang dicampur dengan adonan tepung lalu digoreng hingga garing dan matang.

Itulah beberapa gorengan khas negara lain yang tidak kalah menggugah selera dengan gorengan-gorengan khas Indonesia.

Reporter: Tiara Arninda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini