Gak Kalah Sehat dari Telur, 7 Makanan Ini Juga Miliki Protein Tinggi 

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Telur merupakan bahan pangan dan salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh. Sumber protein dibutuhkan karena dapat memberi berbagai manfaat dan sumber energi.

Mengonsumsi makanan berprotein tinggi, dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru serta memelihara organ dan sistem dalam tubuh agar bisa berjalan sesuai dengan fungsinya. Selain itu, nutrisi ini juga berfungsi sebagai enzim, zat pengatur pergerakan, pertahanan tubuh, alat pengangkut, serta mampu menurunkan berat badan

Selain telur, ternyata masih banyak sumber protein lain yang bisa dijadikan pilihan. Apa saja? Yuk, mari simak.

  1. Daging

Daging ayam, sapi ataupun daging unggas lainnya menjadi salah satu makanan pengganti telur yang memiliki protein dalam jumlah banyak. Selain itu, mengonsumsi daging secara rutin mampu memberikan banyak manfaat, diantaranya dapat mengontrol gula darah dan melancarkan peredaran oksigen dalam tubuh.

Jangan lupa untuk mengolah daging dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan agar mendapatkan tubuh yang lebih sehat, kuat dan terhindar dari penyakit.

  1. Ikan

Ikan juga termasuk dalam makanan berprotein tinggi dan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon, ikan nila dan ikan tuna, karena terdapat 21 gram protein per porsinya, yang jumlahnya sudah mencukupi kebutuhan protein tubuh sehari-hari.

  1. Biji Gandum

Olahan biji gandum sebesar 100 gram memiliki kandungan protein sebesar 12,5 gram. Selain itu, biji gandum juga memiliki berbagai nutrisi lainnya yang sehat dan bergizi bagi tubuh. Olahan biji gandum utuh yang dapat dikonsumsi seperti tepung gandum, roti gandum dan pasta gandum.

  1. Tempe

Makanan khas Indonesia yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, tempe juga mengandung prebiotik yang berfungsi meningkatkan kesehatan pencernaan, serta mengurangi inflamasi atau peradangan.

  1. Tofu

Produk olahan kedelai ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh dengan baik. Kandungan dari kedelai juga bisa memenuhi kebutuhan sembilan asam amino penting yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

  1. Brokoli

Jenis sayuran satu ini memiliki kandungan protein tinggi, vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Tentunya jika mengonsumsi brokoli secara rutin, bisa melancarkan pencernaan dan mencegah diri dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, serta diabetes.

  1. Susu

Minuman sehat dan bergizi ini mengandung protein, kalsium, fosfor, vitamin B2 dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Selain diminum langsung, susu juga bisa diolah menjadi yogurt dan keju.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini