Gak Cuma Fisik, Olahraga Juga Baik untuk Fungsi Otak Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Olahraga merupakan aktivitas yang perlu dilakukan untuk menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Kegiatan fisik ini sebaiknya rutin dilakukan agar seimbang dengan asupan yang setiap hari dikonsumsi.

Meski memiliki segudang manfaat untuk kesehatan fisik, masih banyak yang kurang sadar olahraga juga baik untuk fungsi otak. Otak merupakan pusat sistem saraf yang mengatur dan memerintah semua sistem saraf dan otot tubuh untuk melakukan suatu tindakan.

Dilansir dari Medical News Today, banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa aktivitas otot memengaruhi fungsi neuromuskular, yaitu kemampuan sistem saraf, otot, dan otak untuk bekerja sama. Adanya aktivitas otot, mampu membantu terbentuknya sel-sel saraf baru.

Maka, kamu perlu tahu manfaat seperti apa saja yang bisa kamu dapat untuk kesehatan otakmu jika rutin berolahraga. Yuk simak!

1. Membantu Tingkatkan Konsentrasi

Manfaat pertama yang bisa kamu dapat dari berolahraga ialah meningkatnya konsentrasi. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat ditemukan adanya hubungan antara olahraga dan kemampuan konsentrasi.

Dari hasil penelitian, para pelajar yang berolahraga menjadi lebih bugar dan terlihat perkembangan signifikan dalam hal konsentrasi belajar. Tak hanya itu, mereka juga mampu melakukan pekerjaan multitasking serta tetap fokus akibat rutin melakukan olahraga.

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Otak

Dilansir dari Halodoc, otak memiliki fungsi kognitif di antaranya mengatur fokus, mengatur kegiatan dan berpikir. Nah, dengan rajin olahraga, salah satunya dengan latihan kardio, terbukti bisa meningkatkan fungsi kognitif otak juga meningkatkan volume otak secara keseluruhan.

Kamu bisa melakukan olahraga seperti berlari, angkat beban, dan bermain bulutangkis untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus meningkatkan kemampuan kognitif otakmu.

3. Memperlancar Hormon BDNF

Perlu kamu tahu, olahraga bisa memacu bahan aktif kimia yang dikenal sebagai faktor otak neurotropik Brain Derived Neurotropic Factor (BDNF), yang bisa merangsang pertumbuhan sel otak. Hal itu akan terjadi di bagian hippocampus, yaitu wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memori otak.

Maka, para ahli menyarankan untuk berolahraga lebih sering ya! Tentu agar hormon BDNF makin aktif sehingga ingatan kita pun semakin tajam dan kita enggak cepat lupa alias pikun.

4. Mengurangi Stres dan Depresi

Satu lagi manfaat olahraga untuk kesehatan otak ialah bisa mengurangi stres dan depresi. Saat kita berolahraga tubuh akan memproduksi endorfin, hormon yang membuat kita nyaman.

Rasa senang setelah berolahraga itu juga akibat dari mengecilnya amygdala, yakni struktur otak yang dihubungkan dengan perasaan cemas, takut, dan stres. Untuk itu, gak heran setelah melakukan olahraga, tubuh jauh lebih relaks dan segar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini