Home Gaya Hidup Gaes! Ini Bahayanya Makan Mi Instan Dua Bungkus

Gaes! Ini Bahayanya Makan Mi Instan Dua Bungkus

1
1878
mi instan
(Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa sih yang tidak suka mi instan? Tapi, harus waspada ya gaes. Makan mi instan tak disarankan dimakan dua bungkus sekaligus.

Mi instan adalah makanan yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Bahkan, biasanya mi instan menjadi menu wajib ketika kantong sedang tipis alias memasuki tanggal tua.

Sebenarnya mi instan tak membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara bijak. Disarankan tidak terlalu sering mengonsumsi mi instan. Selain itu, jika makan Tak jarang juga orang memakan mi instan dua bungkus sekaligus untuk mengenyangkan perut. Ternyata, mengonsumsi dua bungkus sekaligus tidak dianjurkan lho gaes. Ada beberapa dampak jangka pendek dan jangka panjang bagi kesehatan kita.

Efek samping mengonsumsi mi instan dua bungkus sekaligus diungkap akun Twitter Ahli Gizi ID, @AhliGiziID. Dalam dua bungkus mi instan, terdapat 2140 mg natrium. Menurut WHO, batas mengonsumsi natrium dalam satu hari tak lebih dari 2000.

“Salah satu kandungan gizi yg tertinggi di dalam mie instan yaitu kandungan natriumnya. Ini salah satu kandungan natrium pada mie instan rasa mie goreng. Dalam 1 bungkus mie instan aja kandungan natriumnya bisa sampai 1070 mg. Gimana kalo 2 bungkus? Jadi, 1070 x 2 = 2140 mg,” cuit @AhliGiziID.

“Padahal, WHO menganjurkan mengonsumsi natrium tidak lebih dari 2000 mg. Banyak dampak negatif kalo kita mengonsumsi natrium lebih dari 2000 mg dalam satu hari terutama pada kesehatan.”

“Saat asupan natrium tinggi, maka ginjal akan membuang kelebihannya melalui urine. Namun, jika ginjal tdk lagi mampu membuang kelebihannya, natrium akan menumpuk dalam darah, sehingga menarik dan menahan cairan dlm aliran darah. Akibatnya, volume darah akan meningkat.”

“Hal ini akan membuat jantung harus bekerja lebih keras dan menaikkan tekanan dalam arteri. Dalam jangka pendek, mungkin hanya akan menyebabkan wajah bengkak di pagi hari. Namun, jika terjadi dalam waktu yang lama, risiko untuk terkena penyakit tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal akan semakin besar.”

Akun tersebut turut membahas soal mengonsumsi mi dua bungkus dengan mi jumbo. Menurutnya, mi jumbo jumlah natriumnya di bawah 2000. Artinya, jauh lebih baik daripada makan mi dua bungkus. Akun ini mengambil sampel informasi nilai gizi dari merek Indomie.

“Bedakan ‘double porsi’ sama ‘jumbo’. Double porsi itu maksudnya kalian makan 2 bungkus sekaligus. Nah kalo kandungan natrium yang jumbo sekitar 1340 mg,” cuitnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here